Hindari Calo, Suporter Diimbau Beli Tiket Online di Babak Knockout Piala Dunia U-17 2023
Penonton pertandingan babak knockout Piala Dunia U-17 2023 diimbau membeli tiket tidak lewat calo tetapi di loket.com. (Doc. LOC WCU17/BRY)

Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat tetap antusias menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di empat kota. Memasuki babak knockout, jumlah pengunjung diprediksi terus meningkat. Masyarakat diimbau tidak membeli tiket lewat calo tetapi secara online. Apalagi, pihak Local Organizer Committee (LOC) memastikan sistem penjualan online bakal lebih teratur.

Calo tiket tetap marak selama laga penyisihan grup. Namun pencinta sepak bola Tanah Air diharapkan membeli tiket Piala Dunia U-17 lewat jalur resmi yang diatur FIFA.

Jadi mereka tak perlu mengkhawatirkan kehadiran calo yang belakangan mulai marak di stadion saat laga penyisihan grup. Pasalnya kehadiran calo membuat penonton merasa tak nyaman.

"Kami dari LOC menyesalkan adanya calo. Namun di event internasional masalah calo tak bisa dihindari. Ketika ada high demand, selalu saja ada orang-orang mencari keuntungan, kata Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023, Marsal Masita.

"Setiap orang yang memiliki identitas KTP bisa melakukan pembelian tiket. Yang disayangkan ada oknum yang memanfaatkannya untuk mengeruk keuntungan pribadi dengan menjual lagi tiket dengan harga yang lebih mahal," ujar dia.

"Agar hal ini tidak terjadi, kami mengimbau masyarakat segera melakukan pembelian tiket sebelum kehabisan. Dengan demikian mereka tidak perlu membeli dari calo," ujarnya lagi.

Untuk membatasi ruang gerak para calo, FIFA bekerjasama dengan Loket.com membatasi pembelian maksimal tiket sebanyak empat lembar lewat jalur online untuk satu identitas pengenal atau KTP.

Imbauan ini muncul setelah sejumlah calon penonton jadi korban calo saat akan menyaksikan laga penyisihan Grup A yang melibatkan timnas Indonesia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Hal serupa terjadi di Jakarta karena banyak pencatut melambungkan harga tiket pertandingan di Jakarta International Stadium, terutama saat big match Inggris kontra Brasil pada Jumat (17/11/2023).

Penjualan tiket Piala Dunia U-17 2023 sejatinya sudah dibuka sejak jauh-jauh hari sebelum turnamen bergulir di situs resmi FIFA. Penjualan tiket sudah dibuka sejak 16 September.

Ini dilakukan dengan tujuan pencinta sepak bola memiliki keleluasaan waktu memilih pertandingan yang ingin mereka nikmati.

Selain di situs FIFA penjualan tiket dilakukan di Loket.com dengan mengklik https://www.tickets-u17worldcup.com/matches.

LOC, sejauh ini, cukup puas dengan animo yang ditunjukkan pencinta bola di empat kota penyelenggara Piala Dunia U-17, terutama di Surabaya tempat timnas Indonesia U-17 menjalani laga-laga penyisihan Grup A.

Dari data LOC, setiap pertandingan Indonesia hampir selalu dipenuhi penonton di stadion, begitu juga dengan laga lainnya.

"Surabaya adalah kota yang memiliki penonton terbanyak dari empat kota penyelenggara. Tapi sekadar info, per hari ini yang sudah nonton Piala Dunia U-17 dari empat kota mencapai 400 ribu orang," kata Marsal.

Pertandingan babak knockout yang bergulir mulai Senin, (20/11/23) diharapkan mampu meningkatkan animo suporter untuk datang ke stadion.

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia U-17

Stadion Manahan, Solo

Senin, 20 November 2023 (15:30 WIB)

Ekuador vs Brasil

Senin, 20 November 2023 (19:00 WIB)

Spanyol vs Jepang

Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung

Selasa, 21 November 2023 (15:30 WIB)

Jerman vs Amerika Serikat

Selasa, 21 November 2023 (19:00 WIB)

Argentina vs Venezuela

Jakarta International Stadium (JIS)

Rabu, 22 November 2023 (15:30 WIB)

Inggris vs Uzbekistan

Rabu, 22 November 2023 (19:00 WIB)

Perancis vs Senegal

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Kamis, 21 November 2023 (15:30 WIB)

Mali vs Meksiko

Kamis, 21 November 2023 (19:00 WIB)

Maroko vs Iran