Audi Mulai Bangun Platform Motor Listrik Baru di Pabrik Hongaria

JAKARTA - Setelah tertunda cukup lama, Audi akhirnya memulai pembangunan platform motor listrik, Premium Platform Electric (PPE), yang dikembangkan bersama Porsche.

Dikutip dari laman Electrek, Kamis, 9 November, kerja sama antara kedua merek premium Audi dan Porsche telah diumumkan sejak tahun 2018, dengan tujuan untuk menurunkan biaya produksi, mempercepat waktu pengisian daya, dan menawarkan digitalisasi terkini.

Langkah ini juga bertujuan untuk mempercepat peluncuran model listrik baru dari Audi dan Porsche, termasuk Macan EV dan Audi Q6 e-tron yang mengalami penundaan selama beberapa tahun.

Gernot Döllner, CEO Audi, mengatakan kerja sama ini merupakan tonggak baru dalam mempercepat produksi kendaraan listrik, terutama di lokasi manufaktur mereka di Győr, Hongaria.

“Győr ditunjuk sebagai fasilitas produksi motor listrik yang sangat kompak dan efisien," katanya.

Selain membangun sistem penggerak listrik untuk Audi Q8 e-tron, pabrik tersebut juga sedang menyiapkan area produksi untuk beberapa model lain.

Komitmen Audi untuk terlibat dalam segmen mobil listrik sangat jelas, dengan pembangunan tiga lini pabrik baru yang bertujuan untuk memproduksi motor listrik. Sekitar 700 karyawan bekerja dalam tiga shift untuk membangun hingga 2.000 e-motor sehari yang akan memasok Porsche dan Audi.

Gerd Walker, Anggota Dewan Audi untuk Produksi dan Logistik, mengomentari pencapaian ini sebagai tonggak penting dalam peningkatan produksi Audi Q6 e-tron.

“Awal produksi di Győr menandai tonggak penting dalam peningkatan produksi Audi Q6 e-tron," ujarnya.

Penggunaan motor listrik baru ini dalam Audi Q6 e-tron diperkirakan akan dimulai pada akhir tahun ini, sementara untuk Porsche Macan EV diperkirakan akan dimulai tahun depan.