Mengenal Istilah Eustress, Stres yang Punya Efek Positif Bagi Tubuh

JAKARTA - Tidak semua stres itu sama. Beberapa stres yang dihadapi dalam hidup ada yang merugikan dan ada juga yang justru menyehatkan. Salah satu jenis stres yang bermanfaat dikenal sebagai eustress.

Dilansir dari Very Well Family, Selasa, 7 November, eustress mengacu pada stres yang mengarah pada respons positif. Ini adalah kebalikan dari tekanan dan dapat mengacu pada segala jenis stres yang bermanfaat, baik fisik maupun psikologis. Hal ini cenderung bersifat jangka pendek dan sering kali terasa mengasyikkan. Orang-orang menganggap jenis stres ini dapat dikelola dan bahkan memotivasi.

Secara fisik, eustress sering kali menyerupai perasaan tertekan dalam banyak hal. Anda mungkin merasa gugup, jantung berdebar kencang, dan pikiran mungkin berpacu. Perbedaannya adalah bagaimana sensasi fisik ini dirasakan.

Saat tertekan karena stres, Anda cenderung merasa tidak nyaman dan kewalahan. Sedangkan dengan eustress, Anda akan merasakan kegembiraan atau antisipasi.

Eustress sering dikaitkan dengan hasil yang positif. Untuk memahami jenis stres yang bermanfaat ini, berikut ini contoh yang bisa Anda perhatikan. Tidak seperti stres tekanan, eustress biasanya dikaitkan dengan perasaan gembira dan tertantang, bukan kecemasan atau ketakutan.

Perubahan hidup: Transisi besar dalam hidup dapat menciptakan eustress. Contoh perubahan yang dapat menciptakan stres bermanfaat seperti ini adalah memulai pekerjaan baru, terlibat dalam suatu hubungan, dan mengasuh anak.

Tantangan yang lebih kecil: Kegembiraan saat menaiki roller coaster, menonton film horor, atau tantangan yang menyenangkan adalah contoh eustress. Bahkan olahraga yang sangat berat pun bisa menjadi contoh stres jenis ini.

Pengalaman baru: Traveling juga bisa memicu eustress karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidaktahuan yang signifikan, namun juga memberi Anda banyak temuan. Momen kencan pertama, hari pertama di pekerjaan baru, atau hal-hal menarik lainnya juga termasuk dalam eustress.

Dampak positif dari eustress di antaranya adalah meningkatkan konsentrasi atau fokus, mendorong seseorang untuk mengambil tantangan baru, memotivasi seseorang untuk memiliki tujuan baru, membantu seseorang agar lebih bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan memberi makna dan tujuan hidup serta membantu seseorang untuk merasa lebih sehat dan bahagia. 

Meski eustress sering dianggap sebagai jenis stres yang bermanfaat karena dapat berdampak positif pada kehidupan. Namun, penting untuk diingat bahwa eustress tetaplah salah satu jenis stres. Oleh karena itu, eustress dapat menjadi tipe stres negatif atau bahkan stres kronis, jika  tidak diimbangi dengan kontrol diri atau berlangsung terlalu lama dan terus menerus.