Dituding Pro Israel, Raline Shah: Hanya Tuhan dan Keluarga yang Tahu

JAKARTA - Raline Shah akhirnya buka suara setelah dituding sebagai pro Israel. Kabar ini bermunculan setelah netizen melihat respons sang artis yang memilih netral perihal perang Israel dengan Palestina.

Netizen semakin kecewa setelah Raline Shah menuliskan, “Apa kalian pikir seorang perempuan bisa membantu dengan sebuah postingan Instagram?”

Hal itu membuat Raline Shah dituding berpihak kepada Israel dalam konflik ini. Melalui unggahan terbarunya, Raline menjelaskan bahwa ia meyakini bahwa sebuah postingan dan jutaan pengikut di Instagram tidak selalu berdampak besar.

"Jujur saya bilang 'a girl like me' itu bener satu postingan dan 10 juta follower tidak besar dampaknya satu posting,” tulis Raline Shah.

Ia menjelaskan, publik harus realistis bahwa postingan saja tidak cukup untuk menyuarakan dukungan. Tapi juga ada doa dan aksi lain yang lebih konkrit untuk dilakukan.

“Kita harus realistis..yg bs membantu bukan hanya posting teman2 tapi dukungan konkret lainnya dan doa kepada Allah yang amat tulus," lanjutnya.

Raline Shah menegaskan keluarganya sudah mendukung Palestina bukan sejak kasus ini. Menurutnya, tidak semua harus dipamerkan ke publik, terlebih ketika memprioritaskan kemanusiaan dan disebut sebagai zionis.

"Tuhan tau saya dan keluarga saya support Palestina sejak saya lahir bukan dari kejadian ini.Tapi apakah semua harus dipamer pamerkan dan dijelaskan. Mendukung Palestina dibilang pembenaran dan mengedepankan kemanusiaan dan kedamaian dibilang Zionist," jelas Raline.

"Semoga yang memfitnah saya diberi kedamaian yah. Mendingan kita berdoa dan berdonasi buat kebebasan, kedamaian Palestina daripada berdosa dan memfitnah orang zionist...," kata Raline.

Mengakhiri postingan tersebut, Raline berusaha untuk menyimpan energinya dibanding menggunakan waktunya untuk menyerang dan membuat fitnah terhadap orang lain.

"Memang benar satu posting tdk akan merubah situasi tapi beribu2 posting dengan suara kemanusiaan akan merubah keadaan. Kalau mau disalah artikan dan memang sukanya meng cyber bully dan lain lain. Silahkan.. sayang energy utk berdoa dan membantu secara konkrit dipake buat fitnah dan benci orang2 yang tak dikenal. Wassalam," tutup Raline.