Permintaan Global yang Tinggi, Hyundai Catatkan Peningkatan Laba 151 Persen di Kuartal Ketiga

JAKARTA - Hyundai Motor baru-baru ini mengumumkan peningkatan laba sebesar 151 persen pada kuartal ketiga, yang sebagian besar disebabkan oleh lonjakan penjualan SUV dan keuntungan dari nilai tukar yang menguntungkan.

Menurut laporan Reuters, Kamis, 26 Oktober, perusahaan otomotif asal Korea Selatan ini mencatat laba bersih sebesar 3,2 triliun won atau sekitar Rp37,6 triliun dari Juli hingga September 2023.

Dengan pencapaian ini, Hyundai telah mengalami kenaikan laba sebesar 1,3 triliun won dibandingkan tahun sebelumnya, melampaui estimasi sebesar 2,9 triliun won yang diharapkan oleh 19 analis yang terhimpun oleh LSEG SmartEstimate, yang berdasarkan pada estimasi analis yang lebih akurat secara konsisten. Pendapatan juga naik sebesar 8,7 persen tahun ke tahun menjadi 41 triliun won.

Pertumbuhan laba yang signifikan ini merupakan hasil dari peningkatan penjualan kendaraan, terutama di luar Korea, termasuk di pasar Amerika Utara, Eropa, dan India. Peningkatan tersebut juga didorong oleh permintaan yang tinggi dan kenaikan harga kendaraan akibat gangguan pasokan chip global selama pandemi.

Namun, naiknya suku bunga dan ketidakpastian ekonomi global telah menyebabkan biaya pembiayaan kendaraan naik, sehingga memengaruhi permintaan konsumen.

Hyundai Motor juga mencatat peningkatan penjualan sebesar 2 persen menjadi 1.045.510 unit di seluruh dunia dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara penjualan di pasar internasional naik sebesar 1,9 persen menjadi 878.541 unit, dengan peningkatan penjualan di Korea sebesar 2,8 persen menjadi 166.969 unit.

Penjualan tersebut meliputi berbagai merek seperti Hyundai dan Genesis, yang juga berhasil meningkatkan penjualan kendaraan listrik (EV) sebanyak hampir 169.000 unit, naik 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk memperkuat posisinya di pasar global kendaraan listrik, Hyundai Motor berencana untuk meningkatkan penjualan unit EV seperti Ioniq 5, Ioniq 6, dan Kona Electric, serta merek Genesis seperti Electrified G80 dan Electrified GV70 di berbagai pasar internasional.