Sekitar 16 Meter Kubik Sampah Dikumpulkan Petugas dari 3 Titik Keramaian Pendaftaran Prabowo-Gibran

JAKARTA - Sekitar 16 meter kubik sampah berhasil dibersihkan dari tiga titik keramaian warga dan relawan pasangan bakal calon presiden Prabowo dan Gibran yang mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat. 

"Sampah belum bisa diestimasi, tapi sekitar 16 meter kubik," kata Edy Susanto, petugas lapangan Satuan Pelaksana Tugas Lingkungan Hidup (Satpel LH) Menteng kepada VOI di Jalan Imam Bonjol, Rabu, 25 Oktober. 

Adapun perkiraan sebanyak 16 meter kubik sampah tersebut berasal dari kawasan Taman Suropati, Jalan Imam Bonjol dan Jalan HOS Cokroaminoto. 

"Hari ini kita menyiapkan 3 tim terbagi di Jalan Imam Bonjol, Taman Suropati dan Jalan Hos Cokroaminoto. Masing-masing tim 20 orang. Kita bergabung dengan PPSU Kelurahan," ujarnya. 

Sebelumnya pada pendaftaran Bacapres dan bacawapres di hari pertama, sampah yang dihasilkan satgas Lingkungan Hidup mencapai 32 meter kubik. 

"Di pendaftaran pertama, kita ada empat kendaraan penuh masing-masing (kendaraan bermuatan sampah) 8 meter kubik penuh. Jadi sampah kemarin total ada 32 meter kubik sampah," katanya. 

Hari ini, Rabu, 25 Oktober 2023 merupakan kedua kalinya kegiatan pembersihan sampah di kantor KPU.

"Kami dari Satpel Lingkungan Hidup (LH) Menteng, sudah menjadi tugas rutin dimanapun kegiatan di fasilitas umum ketika ada sampah kita lanjut membersihkan," ucapnya. 

Menurut Edy, nantinya kumpulan sampah itu akan dibawa ke Dipo Matraman, Jakarta Timur. 

"Nanti di sana akan dipilah kembali, sampah organik akan kita pilah. Sisanya, sampah yang residu kita bawa ke Bantar Gebang, Bekasi," katanya.