Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkap besaran sampah yang dibersihkan sisa perayaan HUT ke-78 Bhayangkara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Senin, 1 Juli.

Pembersihan dilakukan sejak Senin malam hingga Selasa pagi oleh 800 petugas di area dalam Monas dan 180 petugas kebersihan pada area luar Monas.

"Total volume sampah yang dikumpulkan dalam penanganan kebersihan pasca-HUT ke-78 Bhayangkara di lapangan Monas sebesar 268 meter kubik atau setara 59,95 ton," tutur Asep dalam keterangannya, Selasa, 2 Juli.

Adapun ruas jalan di sekitar kawasan Monas yang dibersihkan pascaperayaan HUT ke-78 Bhayangkara yakni Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Medan Merdeka Timur.

"Puluhan alat dikerahkan dalam pembersihan, mulai dari street sweeper, truk anorganik, mini dump truck, pikap Panther, gerobak motor, dan typer besar," jelas Asep.

Kemudian, Jalan Juanda Raya, Jalan Majapahit, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Pejambon, Jalan Veteran, Jalan Kebon Sirih Jalan Sekitar Lapangan Banteng, serta Jalan Ridwan Rais.

Dalam HUT ke-78 Bhayangkara tahun ini, Polri mengangkat tema utama "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Puncak HUT ke-78 Bhayangkara ini, selain dilaksanakan upacara peringatan dan defile, juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan pertunjukan musik dari artis-artis Ibu Kota, serta aneka jajanan kuliner yang gratis untuk masyarakat.

HUT ke-78 Bhayangkara dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah pejabat yang juga hadir antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla dan istri, serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.