YouTube Ingin Kembangkan Alat Pencipta Cover Lagu dengan Suara Artis Berbasis AI

JAKARTA – Saat ini, menggunakan suara artis untuk menyanyikan lagu dengan Kecerdasan Buatan (AI) menjadi sangat mudah, tetapi hal ini bisa bermasalah karena tidak ada legalitas di dalamnya.

Maka dari itu, YouTube berusaha menjadi yang terdepan dengan kemampuan ini. Kabarnya, YouTube akan mengembangkan alat berbasis AI yang mampu memproduksi vokal artis musik secara legal.

Dengan adanya kemampuan ini, pengguna YouTube bisa menggunakan suara artis yang mereka gemari untuk menyanyikan ulang lagu milik apa pun milik musisi lainnya, biasanya dikenal dengan istilah cover lagu.

Mengutip dari Gizmodo, alat YouTube ini belum memiliki nama. Akan tetapi, YouTube berencana melatih alat ini dengan lagu-lagu yang mereka peroleh secara legal dari label artisnya tersendiri.

Sejumlah label kabarnya belum menandatangani hak daftar artis. Jika kendala datang dari label artisnya, alat yang tengah YouTube rancang pun akan jauh dari kata peluncuran.

Sejauh ini, label yang terlibat dalam perancangan alat berbasis AI ini adalah Sony Music Entertainment, Universal Music Group, dan Warner Music Group.

Alat yang akan diciptakan oleh YouTube ini mungkin saja membawa keuntungan bagi kedua belah pihak, penggemar dan penyanyinya. Penggemar tidak perlu lagi mencari atau membeli lagu yang dibuat dengan AI hanya demi mendengar suara artisnya.

Bagaimanapun juga, tindakan membeli konten lagu berbasis AI ini sangat ilegal dan merugikan artisnya. Maka dari itu, alat yang akan YouTube kembangkan diharapkan mampu menguntungkan artisnya terlepas dari suaranya yang digunakan secara bebas.