Penjualan Global Kendaraan Elektrifikasi BMW Meningkat pada Kuartal Ketiga 2023

JAKARTA - BMW Group merupakan salah satu perusahaan otomotif yang mulai mengalihkan fokusnya dalam ranah elektrifikasi. Mereka juga menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan banyak jajaran kendaraan ramah lingkungan.

Model seperti iX, i4, i7, iX1, serta produk dari brand Mini seperti model Mini Electric, mendapat sambutan yang positif dari publik secara global. Ini dibuktikan dari hasil penjualan perusahaan yang meningkat di segmen ini dari raihannya tahun lalu.

BMW Group telah menjual 621.699 unit secara keseluruhan pada kuartal ketiga tahun ini dengan 139.943 unit di antaranya dari elektrifikasi yang mencakup Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-In Hybrid (PHEV).

Dengan demikian, penjualan mobil ramah lingkungan yang ditenagai oleh listrik menyumbang 22,5 persen dari keseluruhan pada periode ini atau meningkat 42 persen dari penjualannya tahun lalu.

“Khususnya produk-produk listrik kami, mendapat keuntungan dari tingginya permintaan di seluruh dunia, seperti terlihat pada penjualan BEV kami, yang secara signifikan mengungguli total pasar BEV dalam sembilan bulan pertama,” kata Pieter Nota, sebagai Board of Management BMW AG Customer, Brands, and Sales, dilansir dari InsideEVs, Selasa, 10 Oktober.

Secara rinci pada periode ini, untuk kendaraan BEV berhasil terjual hingga 93.931 unit atau meningkat sebanyak 80 persen dari raihan tahun lalu. Namun, raihan positif tersebut tidak diikuti oleh model-model PHEV.

Selama kuartal ketiga 2023, penjualan PHEV mengalami penurunan sebanyak satu persen atau berjumlah 46.012 unit. Mobil PHEV yang dihadirkan oleh BMW mencakup Seri-3, X3, X5, serta SUV berperforma tinggi XM.

Untuk periode dari kuartal pertama hingga ketiga, BMW Group berhasil meraih secara total 385.411 unit di segmen kendaraan beraliran listrik atau menyumbang market share 21 persen dari keseluruhan dan meningkat 36 persen dari tahun lalu.

Penjualan model BEV sepanjang tahun ini berjumlah 246.867 unit atau meningkat 93 persen. Namun, PHEV mengalami penurunan sebanyak 11 persen dengan membukukan 138.544 unit yang terjual dalam periode ini.

Tentu pihak perusahaan percaya diri dengan bahwa dalam segmen tersebut akan menghasilkan raihan penjualan yang melebihi tahun lalu. Sebagai gambaran, BMW Group bukukan sebanyak 433.795 unit dalam penjualan kendaraan elektrifikasi pada 2022 lalu.