Bagikan:

JAKARTA - Japan Mobility Show 2023, yang akan berlangsung pada akhir bulan Oktober, menjadi panggung bagi para pabrikan untuk memperkenalkan beragam konsep motor hingga mobil terbaru.

Yamaha, salah satu pemain utama dalam industri sepeda motor, akan memperkenalkan serangkaian konsep motor listrik yang mendebut dalam "World Premiere." Mari kita lihat apa saja yang akan ditampilkan oleh Yamaha, seperti yang telah diumumkan di laman resmi Yamaha, Kamis, 12 Oktober:

1. MOTOROiD2

Sebagai sebuah kendaraan eksperimental yang dirancang sebagai wujud kendaraan masa depan, MOTOROiD2 akan menjadi salah satu sorotan di booth Yamaha. Model ini menggabungkan teknologi cerdas dengan desain yang berbeda dari model-model lainnya.

Yamaha mengungkapkan bahwa motor ini pertama kali diperkenalkan sejak tahun 2017 dengan tujuan mempererat hubungan antara pengendara dan kendaraannya. Pabrikan juga terus melakukan penelitian dan pengembangan teknologi serta desain yang terkait dengan MOTOROiD2.

Yang menarik, Yamaha telah melengkapi motor ini dengan Sistem Kontrol Pusat Massa Aktif (Active Mass Center Control System - AMCES) yang memungkinkan motor untuk merasakan sikap dan keseimbangan pengendara, serta sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI) untuk mengenali dan merespons wajah dan gerakan tubuh pengendara.

2. Elove

8

Meskipun motor listrik ini mungkin terlihat serupa dengan beberapa model dari pabrikan lain, Elove masih memiliki keunikan dengan adanya pedal yang dapat digunakan untuk bersantai. Motor ini menampilkan desain futuristik dan modern yang akan menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk anak muda.

Elove juga dilengkapi dengan Advanced Motorcycle Stabilization Assist System (AMSAS), yang merupakan teknologi yang pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha pada tahun 2015 melalui Motobot, sebuah sistem otonom yang mengesankan.

3. E-FV

8

Terakhir, ada E-FV, sebuah motor listrik dengan penampilan yang sporty, mirip dengan motor sport konvensional. Model ini telah dirancang oleh para insinyur muda Yamaha sebagai proyek yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mobilitas listrik yang menyenangkan.

Meskipun masih belum ada banyak informasi yang tersedia tentang motor ini, yang pasti, E-FV akan dilengkapi dengan teknologi Active Sound Control dari Yamaha Corporation. Teknologi ini memungkinkan pengendara untuk menikmati suara knalpot dan elemen-elemen suara lainnya yang biasanya terkait dengan kendaraan berbahan bakar konvensional saat motor ini dihidupkan atau dimatikan. Sebuah fitur yang pastinya menarik bagi para pecinta motor.

Pameran Japan Mobility Show 2023 akan menjadi kesempatan bagi Yamaha untuk menggoda penggemar sepeda motor dengan inovasi-inovasi terbaru mereka dalam dunia mobilitas listrik.