Deretan Konsep Mobil Masa Depan Suzuki yang Ramah Lingkungan dan Netral Karbon
Keterangan foto: Deretan konsep Suzuki di JMS 2023/ Suzuki Global ( Afrizal Abdul Rahman/VOI)

Bagikan:

JAKARTA- Suzuki Motor Corporation turut berpartisipasi di Japan Mobility Show 2023 (diselenggarakan oleh Asosiasi Produsen Mobil Jepang atau Japan Automobile Manufacturers Association), yang diadakan di Tokyo Big Sight mulai 26 Oktober hingga 5 November 2023.

Tema booth Suzuki kali ini “Answers for Excitement throughout the World”. Bersamaan dengan pesan 'Menghadirkan produk mobilisasi dan pelayanan unik khas Suzuki untuk pelanggan, dengan beragam inisiatif menuju masa depan netral karbon'.

Panggung stan Suzuki diatur sedemikian rupa, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman menyenangkan di booth selama JMS 2023.

Sementara itu di booth tersebut, Suzuki memamerkan berbagai produk mobilisasi sebagai penunjang mobilitas sehari-hari masyarakat, dengan menyatukan teknologi sebagai penggerak mobilitas umum, mulai dari model konsep mobil dan sepeda motor, serta alat mobilisasi teknologi masa depan.

Pameran mobil Suzuki (VOI)
Caption

Berikut deretan kendaraan yang dibawa Suzuki pada ajang Japan Mobility Show 2023, dalam keterangan resmi yang diterima VOI.ID, Minggu, 29 Oktober.

Mobil Konsep eVX

EV strategis global pertama Suzuki ini dipamerkan untuk pertama kalinya pada Auto Expo 2023 yang diadakan pada Januari 2023 di India, di JMS 2023 kali ini, eksteriornya telah berevolusi dan interiornya akan diperkenalkan untuk pertama kalinya. Dirancang sebagai EV yang mewujudkan pengalaman berkendara dengan SUV Suzuki dengan mengembangkan teknologi 4x4 yang dikontrol secara elektronik.

Mobil Konsep eWX

Model konsep yang merupakan persilangan mini-wagon yang menyenangkan dan praktis khas Suzuki dengan EV futuristik. Konsep ini juga mengekspresikan kehadiran bak sahabat yang menunjang keseharian masyarakat dengan bentuk bodi EV yang bersih dan simpel, eksterior yang menarik, serta ruang kabin yang lega, dan ramah pengguna sehingga memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan.

Mobil Konsep e EVERY

Konsep kali ini menghadirkan van BEV komersial mini yang dekat dengan mobilitas wiraniaga sehari-hari masyarakat. Lebih detailnya dilengkapi dengan sistem BEV yang dikembangkan bersama oleh Suzuki Motor Corporation, Daihatsu Motor Co., Ltd., dan Toyota Motor Corporation.

Diharapkan konsep ini menjadi model yang memberikan kontribusi kepada masyarakat, dengan tidak hanya mewujudkan penggerak EV yang senyap, meminimalisir suara namun juga bertenaga.

Mobil Swift Concept

Model satu ini tentu tak asing untuk pasar Indonesia, kali ini Suzuki menghadirkan sebuah konsep yang mengusung nilai baru dari Swift, yang dikembangkan dengan selalu menjaga konsep “Drive & Feel”.

Konsep ini dilengkapi dengan sejumlah teknologi keselamatan canggih termasuk pengereman mitigasi tabrakan. Serta menggendong mesin yang memiliki tingkat efisiensi tinggi, yang dapat memberikan keseimbangan antara perfoma dan bahan bakar.

Sepeda motor

Beberapa konsep menarik dihadirkan Suzuki, termasuk e-PO, motor pedal listrik yang dapat dilipat setara 50cc, dan dikembangkan bersama oleh Suzuki dan Panasonic Cycle Technology dengan memanfaatkan baterai serta unit powertrain e-bike.

Konsep e-BURGMAN

Konsep ini merupakan skuter listrik setara 125cc yang proyek demonstrasinya telah dimulai pada April 2023 lalu, dan memanfaatkan layanan baterai yang dapat ditukar yang disediakan oleh Gachaco. Melalui proyek percontohan ini, Suzuki akan mengumpulkan data sepeda motor yang digunakan sebagai transportasi sehari-hari seperti bepergian dan berbelanja, dan memanfaatkannya untuk pengembangan sepeda motor listrik di masa depan.

Suzuki juga membawa model Burgman yang sedang diuji dengan mesin hidrogen. Saat ini jenama asal Jepang sedang melakukan penelitian dan pengembangan mesin hidrogen, sebagai salah satu inisiatif multi-pathway untuk mewujudkan masa depan dengan karbon netral.