Diogo Jota Bawa Liverpool Kalahkan Union Saint-Gilloise

JAKARTA - Liverpool harus bekerja keras untuk mengalahkan klub Belgia Union Saint-Gilloise di ertandingan Grup E Liga Europa. Dalam pertarungan ketat di Stadion Anfield, Jumat, 6 Oktober dini hari WIB, Liverpool menang 2-0. Pemain sayap Diogo Jota sukses memastikan kemenangan The Reds.

Union Saint-Gilloise merupakan tim yang tak diperhitungkan saat datang ke Anfield untuk menghadapi salah satu raksasa Eropa. Ya, Liverpool sangat berpengalaman di kompetisi Eropa dan salah satu tim elite di Premier League Inggris.

Dalam duel itu, Liverpool pun menurunkan skuat terbaik. Pelatih Jurgen Klopp tak ingin tim kecolongan poin saat bermain di kandang sendiri.

Di depan, Jota dan Mohamed Salah menopang centre forward Darwin Nunez. Trisula itu yang diharapkan meneruskan kejayaan Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Hanya, mereka kesulitan menghadapi compact defensive yang diterapkan dengan apik oleh Union Saint-Gilloise. Pertahanan solid tim tamu menjadikan trisula lini depan Liverpool tak mampu mencetak gol meski memiliki banyak peluang.

Namun kesabaran pemain Liverpool membongkar pertahanan Union Saint-Gilloise akhirnya membuahkan hasil menjelang akhir babak pertama.

Gelandang Ryan Gravenberch berhasil memecah kebuntuan setelah menyelesaikan umpan dari Trent Alexander-Arnold di menit 44.

Ini merupakan gol pertama gelandang asal Belanda ini bagi Liverpool. Skor 1-0 pun menutup babak pertama.

Di babak kedua, The Pool masih menunjukkan dominasinya. Hanya saja, serangan bertubi-tubi dari Luis Diaz yang masuk menggantikan Nunez, Alexis Mac Allister, Jota sampai Gravenberch tak memberi hasil positif. Sementara, Union Saint-Gilloise lebih banyak bertahan menghadapi serangan tuan rumah.

Liverpool akhirnya memantapkan keunggulan saat Jota menaklukkan kiper Anthony Moris pada injury time. Berawal dari serangan yang dibangun Diaz yang menembus pertahanan lawan. Dia kemudian melepaskan umpan yang sempat berbelok arah setelah mengenai pemain Union Saint-Gilloise Noah Sadiki.

Boa kemudian mengarah kepada Jota. Pemain sayap tim nasional Portugal ini tak kesulitan memanfaatkan bola itu untuk membobol gawang lawan. Skor berubah menjadi 20 untuk Liverpool dan bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan itu memantapkan posisi Liverpol di puncak klasemen Grup E dengan poin enam. Sementara, Union Saint-Gilloise yang memiliki satu poin menduduki peringkat tiga. Posisi kedua dikuasai Toulouse yang mengalahkan LASK 1-0.