Prediksi Pertandingan Liga Europa 2023/2024 Marseille Vs Brighton: Laga Dua Tim Terluka
Striker Pierre Emerick-Aubameyang menjadi andalan Marseille saat menghadapi Brighton & Hove Albion di Liga Europa. (Twitter @OM_English)

Bagikan:

JAKARTA - Laga dua tim terluka tersaji saat Olympique Marseille menjamu Brighton & Hove Albion di Grup B Liga Europa di Stadion Velodrome, Kamis, 5 Oktober pukul 23.45 WIB. Marseille yang ditangani pelatih anyar Gennaro Gattuso berharap bisa memanfaatkan keuntungan saat bertindak sebagai tuan rumah.

Hasil buruk di kompetisi Ligue 1 Prancis menjadikan Marseille memecat pelatih Marcelino. Posisinya digantikan Jacques Abardonado sebagai pelatih sementara sampai akhirnya Gattuso yang menangani Les Olympiens.

Dalam perjalanan di kompetisi domestik, Marseille dibantai Paris Saint-Germain 4-0. Debut Gattuso bersama Marseille pun belum berbuahkan manis karena mereka kalah 3-2 dari Monaco.

Hasil itu menjadikan Marseille baru sekali menang dari tujuh pertandingan Ligue 1. Mereka pun hanya menduduki peringkat 12 di klasemen sementara.

Performa Pierre Emerick-Aubameyang dkk di kompetisi Eropa pun jauh memuaskan. Tim selalu gagal melewati babak penyisihan baik saat berlaga di Liga Champions maupun Liga Europa.

Di Liga Europa, Marseille hanya sekali menang dari 16 pertandingan. Termasuk saat bermain imbang 3-3 melawan Ajax Amsterdam musim ini.

Hal tersebut tentu menjadi tugas berat Gattuso karena eks pemain dan pelatih AC Milan ini harus melakukan pembenahan total dan bagaimana bisa merebut hati suporter.

Laga melawan Brighton menjadi kesempatan bagi Gattuso untuk mengembalikan citra Marseille sebagai tim pemenang. Apalagi, mereka bermain di kandang sendiri.

Persoalannya, Brighton bukan lawan enteng bagi Marseille. Meski baru pertama kali berlaga di kompetisi Eropa, namun The Seagulls patut diwaspadai kekuatannya.

Brighton memang tengah mengalami penurunan. Dalam laga perdana di Liga Europa, Brighton yang bertindak sebagai tuan rumah malah dipaksa menyerah AEK Athens 3-2.

Padahal di laga sebelumnya di kompetisi Premier League Inggris, mereka membantai Manchester United 3-1 di Old Trafford.

Kekalahan di Liga Europa sepertinya berdampak cukup besar bagi mental pemain. Meski sempat bangkit dengan mengalahkan Bournemouth 3-1, mereka kemudian dikalahkan Chelsea 1-0 di Carabao Cup dan kemudian dibantai Aston Villa 6-1 di kompetisi domestik. Ini untuk kali pertama Brighton mengalami kekalahan sampai enam gol.

Di laga melawan Marseille, pelatih Brighton Roberto De Zerbi kehilangan pemain andalan, kapten Lewis Dunk dan Pascal Gross. Pemain veteran James Milner pun tak bisa diturunkan. Meski demikian, De Zerbi tetap optimistis menghadapi Marseille di laga itu.

Prediksi Susunan Pemain

Marseille (4-3-3): Lopez; Clauss, Mbemba, Gigot, Murillo; Ounahi, Rongier, Veretout; Ndiaye, Aubameyang, Correa

Brighton & Hove Albion (4-2-3-1): Steele; Lamptey, Igor, Dunk, Estupinan; Gilmour, Dahoud; March, Fati, Mitoma; Pedro