Bagikan:

JAKARTA - Liverpool melupakan kekalahan dari Tottenham Hotspur. Kemenangan 2-0 atas Union SG di Liga Europa menjadi sinyal kebangkitan Liverpool. Hanya, mereka harus bekerja keras melawan tuan rumah Brighton and Hove Albion di laga Premier League Inggris di Stadion Amex, Minggu, 8 Oktober pukul 20.00 WIB. Kedua tim sama-sama on fire dan berambisi merangsek ke papan atas.

Union SG benar-benar menjadi ujian sekaligus pemanasan Liverpool sebelum menghadapi Brighton. Trisula lini depan, Mohamed Salah, Darwin Nunez dan Diogo Jota kian memantapkan manajer Jurgen Klopp untuk mengandalkan mereka.

Apalagi, Jota kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetak gol kedua The Reds di pertandingan Liga Europa.

Sayangnya, Jota terpaksa absen karena suspended saat menghadapi Brighton. Repotnya, pemain sayap Cody Gakpo juga diragukan bisa tampil karena masih bergulat dengan cedera lutut. Ini menjadikan kekuatan lini depan Liverpool sedikit berkurang.

Dengan kondisi skuat yang terbatas, Klopp langsung menarik tiga pemain, Salah, Nunez dan Wataru Endo di babak kedua laga melawan Union SG. Saat itu, Liverpool sudah unggul 1-0.

Klopp merotasi pemain karena usai pertandingan Liga Europa, tim menghadapi lawan tangguh di kompetisi domestik. Mereka diharapkan kembali bugar di laga melawan Brighton.

"Ini memang sudah saya rencanakan saat menarik tiga pemain itu. Kami harus melakukannya dan tidak ada masalah dengan pemain lain. Jadi sudah jelas mengapa mereka ditarik," ujar Klopp.

Liverpool berharap bisa mendulang tiga poin karena tetap bisa menurunkan skuat terbaik. Bila target itu tercapai meski bermain di kandang lawan, The Reds bisa mendongkel Manchester City dari tahta klasemen.

Saat ini, Liverpool yang menduduki peringkat empat memiliki poin 16. Terpaut dua poin dari Man City yang menduduki posisi teratas.

Namun Brighton bukan lawan enteng bagi Liverpool. Mereka memang mengalami pembantaian saat menyambangi markas Aston Villa. Dalam duel itu, The Seagulls kalah telak 6-1.

Kekalahan itu ternyata tak memberi pengaruh bagi pasukan Roberto De Zerbi. Tampil di Liga Europa, Brighton sukses mendulang poin dengan menahan tuan rumah Marseille 2-2 lewat gol Pascal Gross dan Joao Pedro.

De Zerbi menuturkan bila keberhasilan menahan Marseille menjadi modal berharga Brighton saat menjamu Liverpool. Sang manajer yakin tim akan bermain lebih baik saat kembali berlaga di kompetisi domestik.

"Kami menunjukkan karakter, sikap dan semangat yang luar biasa. Kami harus bermain seperti itu untuk menang. Yang jelas, kami harus bermain lebih baik di laga berikutnya," ujar De Zerbi.

Di laga ini, De Zerbi tak melakukan banyak perubahan. Bek Tariq Lamptey kembali menjadi pilihan pertama menggantikan Pervis Estupinan yang masih cedera.

Sementara, di depan Evan Ferguson bakal menjadi ujung tombak tunggal menggantikan striker veteran Danny Welbeck yang tampil melawan Marseille.

Brighton yang saat ini menempati peringkat enam pun berambisi memperbaiki posisi. Dengan memiliki poin 15, mereka bisa merangsek menggeser Liverpool bila meraih kemenangan di kandang.

Prakiraan Susunan Pemain

Brighton and Hove Albion (4-2-3-1): Verbruggen; Veltman, Dunk, Webster, Lamptey; Gilmour, Gross; March, Pedro, Mitoma; Ferguson

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Szoboszlai, Mac Allister, Gravenberch; Salah, Nunez, Diaz