Modellista Bakal Bawa Model Tuning ke Pasar AS Akhir Oktober Ini

JAKARTA - Modellista, perusahaan tuning khusus mobil Toyota dan Lexus, akan melebarkan sayapnya ke pasar AS dengan menawarkan beberapa model yang akan ditampilkan dalam SEMA Show 2023 di Las Vegas pada akhir Oktober mendatang.

Keputusan perusahaan dalam ekspansi pasar AS bukanlah tanpa alasan. Saat ini, mereka telah sukses menjadi salah satu perusahaan tuning terbaik di wilayah Asia.

Ini sekaligus menandai debut mereka dalam memperkenalkan produknya di pasar luar Asia. Dalam acara tersebut, mereka akan menghadirkan tiga model, yaitu Toyota Crown, Lexus RX, dan Lexus LX.

“Untuk meluncurkan Modellista di AS, kami akan meningkatkan kesadaran kepada pengunjung dan media dengan memamerkan panel sejarah untuk peringatan 25 tahun perusahaan dan membagikan buku merek, dan lainnya," tulis perusahaan dalam pernyataan resmi, Selasa, 3 Oktober.

Spesialis tuner mobil Toyota tersebut akan menghadirkan produk yang disesuaikan dengan peraturan di AS, jadi perusahaan tidak perlu mengimpornya dari Jepang. Modellista saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan model yang akan hadir untuk pasar Amerika Utara, termasuk empat model Lexus : IS, NX, RX, dan LX, serta dari Toyota : Prius, Crown Crossover, Venza, dan RAV4.

Di Jepang, Modellista biasanya menyediakan dua variasi body kit yang berbeda untuk setiap model, yang menampilkan komponen seperti memperlebar bumper, side skirt, spoiler, muffler, roda, dan potongan trim eksterior lainnya. Namun, masih belum dipastikan apakah mereka akan menerapkan strategi serupa di AS.

Perusahaan yang berada di bawah naungan Toyota Racing Development (TRD) tersebut dikenal dengan desain body kit yang mewah dan elegan sekaligus memperindah desain kendaraan. Dikenal juga sebagai Toyota Modellista International, perusahaan ini telah berdiri sejak 1997.

Berbeda dengan Gazoo Racing (GR) yang cenderung menampilkan kesan sporty yang menggambarkan karakteristik brand tersebut sebagai divisi balap.

Spesialis tuner tersebut juga menghadirkan kendaraan di Indonesia melalui Kijang Innova Zenix yang diluncurkan pada tahun 2022, yang hadir dengan dua varian: V Hybrid Modellista Type dan Q Hybird Modellista Type.

Untuk tipe V Hybrid Modellista mulai dibanderol dengan harga Rp545,6 juta. Sedangkan, Q Hybrid Modellista senilai Rp624,6 juta.