Apple Jelaskan Mengapa Rangka Titanium dan USB-C Bukan Penyebab iPhone 15 Overheating

JAKARTA - Perangkat baru Apple, yakni iPhone 15 baru saja diluncurkan beberapa hari lalu. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan ponsel mereka yang lebih cepat panas. 

Menanggapi masalah yang dilaporkan pengguna ini, Apple akhirnya mengakui apa yang terjadi terhadap perangkat iPhone 15 dan 15 Pro menjadi sangat panas selama seminggu terakhir. 

Perusahaan mengatakan kepada Forbes bahwa aktivitas latar belakang, bug iOS 17, dan aplikasi pihak ketiga inilah yang menyebabkan masalah panas yang berlebih itu. 

Adapun beberapa aplikasi yang dimaksud Apple di antara lain adalah Uber, Instagram, dan Asphalt 9. Meski demikian, Meta sendiri sudah merilis perbaikan untuk Instagram, jadi sebaiknya periksa apakah Anda memiliki versi terbaru dari Instagram. 

"Kami sedang bekerja sama dengan para pengembang aplikasi ini untuk melakukan perbaikan yang sedang dalam proses peluncuran," ujarnya. 

Rangka Titanium dan USB-C Bukan Penyebab Overheating iPhone 15 

Namun, satu hal yang dipastikan oleh Apple tidak menjadi penyebab dari masalah ini adalah rangka titanium. Karena Apple mengatakan kepada MacRumors bahwa desain tersebut sebenarnya memberikan pembuangan panas yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya. 

Terakhir, perusahaan juga menegaskan masalah ini tidak ada hubungannya dengan pengisi daya berdaya tinggi, karena iPhone 15 sepenuhnya kompatibel dengan USB-C dan memiliki perlindungan bawaan untuk mencegah kerusakan akibat panas berlebih.