Honda Memulai Kiprah Elektrifikasi dengan Menghadirkan Prologue

JAKARTA - Honda mengambil langkah besar dalam era sepenuhnya elektrifikasi dengan peluncuran model terbarunya, Honda Prologue. Mobil ini dijadwalkan akan tersedia di pasaran pada awal tahun depan, dan ini merupakan langkah penting dalam rencana pabrikan untuk menyajikan kendaraan ramah lingkungan.

Honda Prologue, yang dibangun di atas platform General Motors (GM) Ultium, memperkenalkan suspensi yang telah disetel secara khusus untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang unik.

"Kehadiran All New Honda Prologue adalah tonggak penting dalam perjalanan Honda menuju masa depan nol emisi," ujar Lance Woefer, Asisten Wakil Presiden Honda America, dalam pernyataannya pada Kamis, 28 September.

Prologue dipilih sebagai nama model ini untuk mencerminkan langkah awal Honda dalam menjalankan strategi elektrifikasi mereka. SUV berukuran sedang ini memiliki desain yang mengesankan dan dirancang untuk mengatasi tantangan di lingkungan perkotaan maupun medan yang lebih berat.

Honda sangat memperhatikan kenyamanan pada model ini dengan memberikan interior yang luas, mengadopsi desain yang terinspirasi dari model seperti Civic, HR-V, Accord, dan CR-V, dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi.

Mobil ini dilengkapi dengan layar instrumen digital sebesar 11 inci dan layar sentuh infotainment HD 11,3 inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto sebagai fitur standar. Tim desain Honda juga memasukkan dua tempat untuk minuman di tengah, bersama dengan konsol tengah yang menyediakan pengaturan termasuk pengaturan suhu kendaraan.

Steering wheel tiga palang khas Honda tetap dipertahankan, dilengkapi dengan berbagai tombol pengaturan kabin yang fungsional. Selain itu, model terbaru ini dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi dari Honda Sensing, termasuk Rear Cross Traffic, Blind Zone Steering, dan Rear Pedestrian Alert.

Prologue akan tersedia dalam tiga varian trim, yaitu EX, Touring, dan Elite. Ditenagai oleh sistem penggerak all-wheel drive dan motor listrik tunggal, Prologue menghasilkan tenaga sebesar 288 dk dan torsi sebesar 451 Nm. Honda juga akan merilis varian 2WD, namun spesifikasinya belum diungkapkan.

Mobil ini didukung oleh baterai berkapasitas 85 kWh, yang memungkinkan kendaraan mencapai jarak hingga 482 km dengan satu pengisian. Anda juga dapat mengisi daya kendaraan ini dengan tenaga listrik rumah sebesar 11,5 kW dari 0 hingga 100 persen dalam kurang dari 8 jam. Prologue juga kompatibel dengan pengisian cepat DC 155 kW, yang dapat menambah jarak tempuh sejauh 104 km dalam hanya 10 menit.

Bersaing di segmen yang sama dengan Hyundai Ioniq 5, Toyota bZ4X, dan VW ID.4 Pro, Honda Prologue akan hadir di pasar dengan perkiraan harga jual di atas 40.000 dolar AS atau sekitar Rp619,2 juta.