Bagikan:

JAKARTA - Honda telah mengumumkan rencananya untuk memproduksi model Civic dengan teknologi hybrid di AS dan Kanada pada tahun 2024, baik dalam bentuk sedan maupun hatchback, sebagai wujud komitmen mereka dalam menyambut era elektrifikasi.

Pabrikan asal Jepang ini menjelaskan bahwa model-model tersebut akan diproduksi di dua pabrik yang berbeda, yaitu Honda of Canada Mfg di Alliston, Ontario, Kanada, untuk versi sedan, dan Indiana Auto Plant di Greensburg, Indiana, AS, untuk versi hatchback.

Mesin yang akan digunakan adalah mesin 2,0 liter 4-silinder Atkinson Cycle, yang juga digunakan pada model CR-V hybrid, dan akan dirakit di pabrik yang sama, yaitu Anna Engine Plant, Ohio, AS. Transmisi untuk model ini akan diproduksi di Honda Transmission Plant, Ohio, AS.

Menurut Roxanna Metz, yang menjabat sebagai Co-Lead Indiana Auto Plant, Civic hybrid diperkenalkan karena Honda melihat tren positif dalam penjualan mobil hybrid mereka, yang telah meningkat hingga mencapai seperempat dari total penjualan Honda di AS.

"Rekan-rekan kami dengan bangga memainkan peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda dengan menambahkan produksi Civic hybrid baru ke dalam jajaran CR-V hybrid yang telah kami buat sebelumnya," kata Roxanna dalam pernyataan resmi perusahaan yang dirilis pada Kamis, 19 Oktober.

Honda juga mencatat bahwa lebih dari 56 persen penjualan model CR-V dan Accord mereka di AS adalah varian hybrid, yang berarti lebih dari seperempat dari total penjualan mereka di AS adalah mobil listrik. Hal ini menjadikan Honda sebagai merek mobil hybrid terlaris di AS.

Semua langkah ini sejalan dengan rencana Honda untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050, dengan komitmen untuk menyediakan lebih banyak kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) dan sel bahan bakar, yang diharapkan akan mencakup 100 persen dari total penjualan kendaraan mereka pada tahun 2040.

Di AS, Honda juga telah memulai penjualan kendaraan listrik dengan Honda Prologue, sebuah SUV listrik yang pertama kali dijual di pasar AS. Selanjutnya, pada tahun 2025, pabrikan ini berencana untuk memasarkan model kendaraan listrik berukuran menengah hingga besar berdasarkan platform e:Architecture mereka.