Raih Keuntungan Lebih Cepat, Perusahaan Aftermarket Lokal Ini Siap Menjadi Pelopor Layanan Kendaraan Listrik

JAKARTA - Perusahaan aftermarket otomotif lokal, Otoklix, mengalami pertumbuhan pendapatan signifikan dalam dua tahun terakhir. Perusahaan startup ini melaporkan pertumbuhan pendapatan dua kali lipat dari tahun ke tahun, dengan pertumbuhan ekonomi yang positif mencapai angka dua digit.

"Pertumbuhan kami dalam ekonomi unit yang positif dengan angka dua digit menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar, dan ini hanyalah awal," kata Pendiri dan CEO Otoklix, Martin Reyhan Shuryohusodo, dalam keterangannya, Jumat, 8 September.

Meskipun Otoklix telah meraih keuntungan sebesar 16 miliar dolar AS dengan cepat, industri aftermarket otomotif di Indonesia masih dihadapkan pada sejumlah tantangan. Proses perbaikan kendaraan di Indonesia seringkali rumit, diler resmi menghadapi biaya tinggi dan waktu tunggu yang panjang. Di sisi lain, sektor bengkel independen, yang mendominasi 80% pasar, menghadapi masalah seperti risiko penipuan, kurangnya standarisasi, dan pelayanan purna jual yang kurang memuaskan.

Dengan dukungan dari AC Ventures sebagai investor, Otoklix berkomitmen untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan platform yang menawarkan proses pemeliharaan kendaraan yang lebih mudah, standar, dan transparan. Otoklix juga merencanakan untuk membuka bengkel sendiri untuk meningkatkan margin, serta menjajaki solusi bisnis-ke-bisnis (B2B) dengan kerja sama erat dengan klien korporat seperti Telkom Group.

Selain itu, Otoklix berambisi menjadi pelopor dalam layanan aftermarket untuk kendaraan listrik di Indonesia dengan fokus pada persiapan tim bengkel untuk melayani perbaikan sepeda motor listrik.

Perusahaan ini juga menjalin kemitraan strategis dengan Pertamina, perusahaan minyak dan gas milik negara, untuk memulihkan jaringan layanan Bright Olimart di stasiun bensin Pertamina.

Otoklix merupakan perusahaan penyedia aftermarket otomotif di Indonesia yang telah berdiri sejak 2019 lalu yang beroperasi dalam model bisnis online ke offline. Otoklix mengubah pengalaman pemeliharaan kendaraan bagi konsumen dan memberikan solusi perangkat lunak bisnis serta penghematan pengadaan bagi bengkel-bengkel mitra mereka.