Bantuan Kripto untuk Korban Kebakaran Hutan di Maui Digalang oleh The Rock dan Oprah Winfrey

JAKARTA - Komunitas kripto bergabung untuk mendukung masyarakat Maui melalui dana bantuan yang diprakarsai oleh selebritas A-list seperti Oprah Winfrey dan Dwayne "The Rock" Johnson yang menerima donasi dalam bentuk mata uang kripto.

Pada awal Agustus 2023, kebakaran hutan melanda pulau Maui, di Hawai menyebabkan kerugian properti dan pribadi yang besar dengan lebih dari 2.500 hektar terbakar. The Rock dan Oprah meluncurkan People's Fund of Maui untuk memberikan dukungan keuangan langsung kepada mereka yang terkena dampak bencana tersebut.

Dalam sebuah tweet, The Rock mengkonfirmasi bahwa 100% dari donasi akan diberikan kepada korban.

"Setiap penduduk dewasa yang tinggal di daerah terkena dampak dan terdampar oleh kebakaran hutan di Lahaina dan Kula berhak menerima 1200 dolar AS per bulan untuk membantu mereka melewati masa pemulihan ini," cuit The Rock.

People's Fund of Maui menerima donasi dalam bentuk beragam mata uang fiat dan kripto. Selain menerima donasi fiat dari seluruh dunia, dana tersebut juga menerima donasi dalam Bitcoin, Ether, dan Dogecoin, di antara berbagai alternatif lainnya.

Seperti yang dijelaskan oleh Oprah, niat di balik memberikan donasi langsung kepada para korban adalah untuk memungkinkan mereka membuat keputusan untuk kembali ke kehidupan normal mereka. "Masyarakat dapat memiliki agensi mereka sendiri, membuat keputusan sendiri tentang apa yang mereka butuhkan dan apa yang dibutuhkan oleh keluarga mereka — itulah tujuan kami," tambahnya.

Selain upaya dukungan dari selebriti A-list, banyak upaya bantuan lainnya berusaha membantu korban kebakaran hutan.

Organisasi bantuan bencana All Hands and Hearts juga telah mengumpulkan donasi kripto dan fiat untuk membantu penduduk Maui setempat pasca-kebakaran.

"Penyumbangan kripto seperti jenis donasi lainnya membantu memberikan dukungan penting setelah kebakaran hutan yang menghancurkan," kata Olga Ruggiero, kepala integrasi organisasi dan acara di All Hands and Hearts, dikutip Cointelegraph. "Industri kripto terus bersatu dengan komunitas di seluruh dunia yang membutuhkan bantuan.