BuanterOne, Jaringan Internet Luar Angkasa dengan Kecepatan Tinggi dan Latensi Rendah

JAKARTA - PT Dwi Tunggal Puta (DTP) secara resmi meluncurkan BuanterOne yang merupakan bentuk kolaborasi kuat bersama OneWeb pada perhelatan Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2023, yang mengusung tema High Speed Low Latency Space Internet for Indonesia.

Acara peluncuran BuanterOne dibuka dengan sambutan dari Michael Alifen selaku Chief Executive Officer dari DTP. Dalam sambutannya, beliau memperkenalkan BuanterOne sebagai buah dari upaya DTP dan OneWeb untuk membawa internet ke tingkat baru di Indonesia.

“Pada hari ini, kami dengan bangga menyatakan bahwa BuanterOne telah hadir untuk mengatasi masalah akses internet di Indonesia yang masih terhambat oleh tantangan geografis dan infrastruktur yang terbatas, terutama di daerah 3T, terdepan, terluar dan tertinggal. Dengan demikian maka fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan maupun fasilitas publik lainnya dapat merasakan pemerataan transformasi digital yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.”, ujar beliau dalam sambutannya.

OneWeb yang merupakan perusahaan komunikasi satelit orbit rendah memiliki komitmen membawa akses internet ke seluruh penjuru dunia salah satunya ke Indonesia.

“Dalam perjalanan kami untuk mencapai misi ini, kami sangat senang menemukan mitra yang luar biasa seperti DTP. DTP menjadi Mitra Distribusi Eksklusif pertama OneWeb di kawasan Asia Tenggara, dan kami sangat bangga dengan kolaborasi ini. Lebih dari itu, saya juga bangga menyampaikan bahwa DTP saat ini sedang membangun Satellite Network Portal (SNP) untuk OneWeb, tidak hanya untuk melayani Indonesia tetapi juga beberapa negara tetangga.”, Ujar David Thorn selaku Vice President, APAC dari OneWeb, dalam sambutannya di acara peluncuran BuanterOne.

Acara ini juga dihadiri oleh Muhammad Arif Angga selaku Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Beliau menyambut dengan sangat baik kehadiran BuanterOne dan berpendapat bahwa BuanterOne adalah inovasi luar biasa yang memberikan harapan baru bagi teman-teman ISP dan bisnis di daerah-daerah 3T - terdepan, terluar, dan tertinggal di Indonesia.

“Dengan jaringan satelit yang canggih dari OneWeb, BuanterOne dapat menyediakan akses internet yang cepat dan handal ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau. Ini bukan hanya sekedar layanan internet biasa, tetapi merupakan sebuah peluang besar bagi teman-teman ISP selaku anggota APJII dan para pelaku bisnis untuk meningkatkan layanan mereka serta membawa dampak positif bagi masyarakat di daerah-daerah 3T,” ujarnya.

DTP sebagai Exclusive Master Distribution Partner OneWeb di Indonesia sangat sigap dalam mempersiapkan semua kebutuhan peluncuran layanan, baik dalam hal teknis maupun infrastruktur. Salah satu persiapan infrastruktur yang DTP lakukan adalah pembangunan Satellite Network Portal ke-38 di dunia (SNP#38) yang berlokasi di Serang, Banten.

Pada kesempatan ini, DTP dengan besar hati juga mengumumkan bawah proses pembangunan SNP#38 kini telah mencapai tahap akhir, yakni Antenna Verification Test, dan segera akan diikuti oleh Hub System Commissioning. SNP#38 dibangun di tanah seluas 10 hektar dan terdapat 18 Satellite Access Portal (SAP) atau antena stasiun bumi yang dikendalikan secara otomatis dan mampu memberikan layanan internet dengan bandwidth berkecepatan tinggi dan latensi rendah.

Tentang DTP

DTP yang didirikan di Surabaya pada tahun 1974 adalah perusahaan internet generasi pertama di Indonesia yang berfokus kepada penyediaan komunikasi melalui satelit. Memiliki jaringan pelayanan di seluruh Indonesia dengan stasiun bumi yang berlokasi di Cimanggis-Depok, Timika-Papua, dan Serang-Banten. DTP juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di layanan Data Center dengan nama Area31 yang berlokasi di Cimanggis-Depok dan Jakarta. DTP mengemban misi untuk menjadi perusahaan penyedia IT Infrastruktur terdepan dan terunggul dalam teknologi dengan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Cari tahu lebih lanjut di http://www.dtp.net.id.

Tentang OneWeb

OneWeb adalah jaringan komunikasi global yang didukung dari luar angkasa, berkantor pusat di London, memungkinkan konektivitas untuk pemerintah, bisnis, dan komunitas. OneWeb menggunakan konstelasi satelit Orbit Bumi Rendah dengan jaringan stasiun bumi global dan berbagai macam terminal pengguna untuk menyediakan layanan komunikasi yang terjangkau, cepat, bandwidth tinggi, dan latensi rendah, terhubung ke masa depan IoT dan jalur ke 5G untuk semua orang, di mana saja. Cari tahu lebih lanjut di http://www.oneweb.net.