Strategi Referral Marketing: Berikut Pengertian Beserta Kelebihannya

YOGYAKARTA - Refferal Marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang berkaitan dengan word of mouth marketing. Metode ini cukup ampuh untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Lalu seperti apakah strategi referral marketing itu?

Alasannya, referral marketing tidak cuma menguntungkan perseroan. Strategi marketing ini pula membagikan imbas positif untuk pelanggan.

Sesungguhnya, apa itu referral marketing serta gimana panduan melakukannya? Ayo, ikuti uraian berikut ini!

Pengertian Strategi Referral Marketing

Terdapat banyak strategi pemasaran yang dapat kalian pakai sesuai kebutuhan. Tetapi, banyak orang berpikiran kalau referral marketing merupakan salah satu strategi terbaik.

Saat sebelum mangulas sebabnya, kalian butuh mengenali pengertian referral marketing terlebih dulu.

Dilansir dari beberapa sumber, referral marketing merupakan strategi promosi yang mendesak pelanggan buat mengajak pelanggan baru.

Ajakan yang diartikan dapat berbentuk ajakan membeli, membuat akun, sampai memberikan konten.

Bersumber pada riset Nielsen, 92% pelanggan memercayai saran dari orang- orang yang mereka tahu.

Tidak hanya itu, kesempatan seorang membeli benda 4 kali lebih besar bila direkomendasikan oleh kenalannya.

Perihal ini terjadi sebab kebanyakan orang lebih yakin pada kenalan mereka daripada apa yang dikatakan brand tersebut.

Suatu brand tentu saja bakal menyampaikan seluruh perihal baik tentang produk ataupun jasa mereka. Tetapi, orang yang kalian tahu bakal memberi tahu sisi positif serta negatif dari brand tersebut.

Hingga, opini pelanggan jadi salah satu perihal yang amat krusial dalam referral marketing.

Oberlo berkata kalau referral marketing merupakan win- win solution untuk industri, pelanggan, serta calon pelanggan.

Di satu sisi, industri mendapat hasil marketing secara free dari pelanggan yang merekomendasikan brand mereka.

Tidak hanya itu, pelanggan umumnya mendapat bonus ataupun keuntungan dengan merekomendasikan produk ataupun jasa tersebut.

Di sisi lain, calon pelanggan pula diuntungkan sebab mendapat saran dari sumber yang mereka percaya.

Tips Menjalankan Referral Marketing

Berikan insentif

Publikasikan program referral

Buat program yang sederhana

Kelebihan Referral Marketing

1. Sasaran yang jelas

Dalam sebagian aspek, aplikasi referral marketing sesungguhnya mirip dengan influencer marketing.

Selaku contoh, kalian pasti bakal memilah influencer yang memiliki audiens serupa dengan sasaran pasarmu. Jadi, pesan yang mau kalian sampaikan bakal diterima oleh audiens yang pas.

Begitu pula dengan referral marketing.

Kalian berharap supaya pelangganmu merekomendasikan produk ataupun jasamu pada kenalan mereka. Karena, biasanya pelanggan serta kenalannya mempunyai ciri yang serupa.

2. Tingkatan kepercayaan yang tinggi

Dikala ini, mayoritas orang lebih yakin pada apa yang dikatakan orang lain daripada brand itu sendiri.

Industri bisa jadi membuat iklan tradisional berbentuk baliho, spanduk, ataupun iklan di media massa. Tetapi, pengaruhnya lebih kecil daripada saran dari kerabat mereka.

Apalagi, sesungguhnya referral marketing tidak cuma terjalin antara pelanggan dengan kenalannya.

Seorang dapat saja memercayai orang yang tidak dikenalnya, semacam aplikasi yang terjadi pada review Tripadvisor ataupun e- commerce.

3. Reach tinggi

Kelebihan lain dari referral marketing yakni mempunyai reach yang besar.

Dahulu, reach referral marketing terbilang rendah. Tiap orang hanya mempunyai rata- rata referral ke sebagian orang.

Tetapi berkat adanya web, media sosial, serta e- commerce, reach referral marketing jadi terus menjadi besar. Tiap orang dapat merekomendasikan produk ataupun jasamu kepada ratusan apalagi ribuan orang sekalian.

4. Gratis

Strategi search engine marketing, event marketing, serta influencer marketing bisa jadi memerlukan bayaran yang lumayan besar. Tetapi, tidak dengan referral marketing.

Dilansir dari Springboard, referral marketing bekerja seperti virus. Bila brand- mu sukses menarik hati satu pelanggan, mereka bakal merekomendasikan produkmu pada kenalannya.

Setelah itu, kenalan tersebut bakal merekomendasikan brand- mu pada kenalan yang lain.

Dengan demikian, brand- mu bakal terus diketahui serta dipilih berlandaskan saran tersebut. 

Jadi setelah mengetahui strategi referral marketing, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!