General Motors Memperkenalkan Tiga Paket Ultium Home untuk Efisiensi dan Kepraktisan Kendaraan Listrik

JAKARTA - Untuk meningkatkan efisiensi dan kepraktisan dalam penggunaan kendaraan listrik, General Motors (GM) menghadirkan tiga paket Ultium Home.

Perusahaan induk Chevrolet, Cadillac, dan GMC tersebut meluncurkan teknologi ini dengan tujuan memanfaatkan fitur vehicle-to-home (V2H) dari kendaraan listrik andalannya, seperti Chevrolet Silverado EV.

Melalui GM Energy, Ultium Home menawarkan pengisian daya dua arah V2H, penyimpanan energi stasioner, dan solusi manajemen energi, mirip dengan Powerwall Tesla. GM menawarkan tiga pilihan paket GM Energy Ultium Home, yaitu V2H Bundle, Energy System Bundle, dan Energy Storage Bundle.

Salah satu yang menarik adalah Energy Storage Bundle yang dikembangkan oleh GM. Paket ini menyediakan sumber energi sekunder di rumah, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki mobil listrik.

Dilansir dari CarBuzz, pada Minggu, 2 Juli, paket ini dilengkapi dengan PowerBank GM yang dapat menyimpan energi untuk penggunaan ponsel dan tersedia dalam varian 5 kW/10,6 kWh dan 7 kW/17,7 kWh.

Energi yang tersimpan di powerbank dapat digunakan saat terjadi pemadaman listrik, sehingga berfungsi sebagai genset modern. Dengan demikian, pengguna paket ini tidak perlu khawatir ketika terjadi pemadaman listrik mendadak, karena mereka dapat menggunakan energi yang tersimpan untuk kebutuhan mereka masing-masing.

V2H Bundle memungkinkan pemilik mobil listrik GM yang kompatibel dengan fitur ini untuk memanfaatkan teknologi pengisian V2H. Hal ini dimungkinkan melalui V2H Enablement Kit, yang mencakup inverter, hub rumah, dan pengisian daya baterai. GM menjelaskan bahwa kit ini dengan aman memisahkan rumah dari jaringan listrik sambil menyediakan daya hingga 9,6 kW.

Paket ini juga dilengkapi dengan Pengisi Daya PowerShift GM, yang menawarkan kecepatan pengisian AC hingga 19,2 kW, sebagai bagian dari upaya produsen mobil Amerika untuk memperluas akses pengisian kendaraan listrik.

Terakhir, ada Energy System Bundle dari Ultium Home yang menggabungkan fungsionalitas V2H dengan penyimpanan energi stasioner, yaitu PowerBank. PowerBank GM dapat terhubung ke V2H Enablement Kit untuk memperluas kemampuan cadangan saat terjadi pemadaman listrik dari jaringan.

Setiap paket Ultium Home terhubung ke GM Energy Cloud, sebuah platform perangkat lunak yang memungkinkan pelanggan mengelola transfer energi dari jarak jauh.