Mobil Listrik Canggih dan Murah Saingan VW ID.3 Ini Masuk Eropa dengan Banderol Rp490 Juta

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal China, BYD, terkenal sebagai merek mobil dengan teknologi terkini dan canggih dengan harga terjangkau. BYD juga mengembangkan pasar globalnya dengan meluncurkan kendaraan di wilayah Asia, Oceania, dan Eropa. Salah satu model terbaru BYD yang diluncurkan di Eropa adalah BYD Dolphin.

BYD Dolphin adalah mobil entry-level yang diproduksi oleh pabrikan mobil China ini. Meskipun merupakan mobil entry-level, BYD Dolphin memiliki teknologi terdepan sebagai kendaraan listrik.

BYD Dolphin dilengkapi dengan fitur menarik seperti layar 12,3 inci di bagian tengah, kamera 360 derajat, adaptive cruise control, dan berbagai fitur keselamatan lainnya. Namun, BYD tidak hanya menawarkan fitur-fitur tersebut.

Menurut laporan InsideEV pada Rabu, 21 Juni, BYD Dolphin dilengkapi dengan motor listrik yang dipasang di bagian depan. Terdapat empat varian yang ditawarkan, yaitu Active, Boost, Comfort, dan Design. Varian Active mampu menghasilkan tenaga hingga 94 dk.

Jika pelanggan tidak puas dengan varian Active, BYD juga menyediakan varian Boost yang memiliki tenaga lebih besar, yaitu 174 dk, dengan peningkatan komponen suspensi multi-link.

Kedua varian tersebut akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 45 kWh. Varian Active dapat menempuh jarak hingga 339 km, sementara varian Boost dapat menempuh jarak hingga 302 km dalam sekali pengisian daya menurut perhitungan WLTP. Kedua varian ini juga memiliki kemampuan pengisian daya AC 7 kW dan pengisian daya DC tercepat 60 kW.

Sementara itu, varian Comfort dan Design memiliki performa baterai yang ditingkatkan. Keduanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 60,4 kWh dan kemampuan pengisian daya cepat 88 kW. Kedua varian ini dapat menempuh jarak hingga 426 km menurut siklus WLTP.

Varian Comfort dan Design juga memiliki motor listrik yang ditingkatkan dengan tenaga hingga 201 dk, memungkinkan mobil ini mencapai percepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7 detik.

Hatchback listrik BYD Dolphin akan dijual di Eropa dengan harga mulai dari 29.990 euro atau setara dengan 490,8 juta rupiah. Mobil ini juga akan tersedia di Inggris dengan harga 25.800 poundsterling.

Mobil yang terinspirasi dari lumba-lumba ini akan dikirimkan kepada pelanggan pada akhir 2023. BYD Dolphin akan menjadi pesaing hatchback dari merek otomotif raksasa asal Jerman, Volkswagen ID.3.