Kia akan Tawarkan Mobil EV Ukuran Kecil di Pasar Eropa

JAKARTA - Pabrikan raksasa otomotif asal Korea Selatan, Kia, terus berkomitmen untuk memperluas jajaran EV berukuran kecil untuk beberapa tahun mendatang.

Ke depannya, Kia akan menawarkan city car dan crossover kompak. Kemungkinan beberapa model tersebut merupakan 15 model listrik terbaru yang akan dipasarkan secara global pada akhir 2027, dengan wilayah Eropa menjadi fokus utamanya.

Meskipun Kia akan tetap menawarkan model dengan berbagai opsi powertrain seperti Niro yang hadir dengan ditenagai oleh listrik, hybrid, dan plug-in hybrid, Kia berniat memperluas jajaran EV murni lainnya.

Dikutip dari Autocar, Senin, 19 Juni, jajaran tersebut mencakup model yang telah diperkenalkan seperti EV6 dan EV9.

Kepala pemasaran Kia Eropa, David Hilbert, menegaskan bahwa merek tersebut akan memiliki cakupan semua segmen, tidak hanya SUV.

“Semua segmen utama akan tercakup dalam beberapa bentuk pada 2027 mendatang," ucap Hilbert.

Selain EV6 dan EV9, sebelumnya Kia menghadirkan SUV konsep, EV5. Meskipun mobil ini dijadwalkan akan diluncurkan untuk pasar China, pabrikan tidak menampik bahwa model tersebut juga akan dipasarkan untuk wilayah Eropa.

Walaupun demikian, Kia saat ini sedang memfokuskan kendaraan yang lebih kecil untuk pasar Eropa, termasuk crossover kompak yang akan menyaingi Peugeot e-2008 dan mengusung nama EV3.

Hilbert juga mengungkapkan bahwa SUV segmen-B saat ini sedang menjadi produk yang laku, sehingga Kia memfokuskan segmen ini di wilayah tersebut. Terlebih lagi, Kia akan menawarkan teknologi terkini pada model ini nantinya dengan platform E-GMP terbaru yang sedang dikerjakan oleh Hyundai Motor Group.

Dengan model yang lebih kecil, kemungkinan Kia akan menyematkan teknologi baterai terbaru yang akan membantu memangkas biaya. Kia juga merencanakan merakit EV kelas bawah dan menengah mulai 2025 di Slovakia, yang merupakan tempat merakit model seperti Ceed dam Sportage.

Dengan fokus memproduksi SUV kompak, namun Kia tetap memiliki komitmen untuk menghadirkan mobil hatchback dan sedan di masa mendatang.