Adanya EV9, Kia Optimis Target di Eropa Tercapai
Kia EV9. (Kia)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil terbesar kedua Korea Selatan, Kia mengatakan pada hari Selasa, 30 Mei, menargetkan penjualan 93.000 kendaraan listrik (EV) di Eropa untuk tahun 2023.

Untuk saat ini penjualan EV telah menyumbang 16 persen dari target penjualan yakni mencapai 578.000 unit kendaraan listrik di Eropa.

Dilansir dari media lokal Korea Yonhap, model elektrik murni Kia yang tersedia di Eropa adalah Niro EV, Soul EV, dan EV6. Tahun lalu, EV menyumbang 13 persen atau 71.602 unit dari keseluruhan penjualan 542.423 unit di Eropa.

Kia cukup optimis target itu tercapai karena model andalan baru SUV tiga baris EV9 akan segera diluncurkan di Eropa. Bulan lalu, Kia telah meluncurkan EV9 di negerinya dan berencana meluncurkan EV9 secara bertahap di Eropa, Amerika Serikat, dan pasar lain di pada kuartal kedua ini.

Kia EV9 adalah salah satu SUV yang paling banyak dibicarakan sejak awal tahun dilengkapi dengan platform EV khusus dari Hyundai Motor Group, yang disebut E-GMP yang memungkinkan penciptaan ruang yang luas bagi semua penumpang untuk terhubung dan bersantai dengan kenyamanan gaya lounge di tiga baris kursinya.

Mobil listrik ini dilengkapi baterai berkapasitas 99,8 kWh yang diperkirakan dapat menempuh jarak lebih dari 500 km dalam sekali pengisian daya.

Sementara untuk target di tahun 2030, Kia menargetkan penjualan 515.000 EV di Eropa dan meningkatkan rasio EV dari keseluruhan penjualan kendaraan menjadi 74 persen.