Bagikan:

JAKARTA - Pencurian mobil merupakan masalah serius dan tak dapat diabaikan di banyak negara. Meskipun banyak langkah telah diambil untuk meningkatkan keamanan mobil, pencurian tetap menjadi ancaman yang nyata.

Mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat amat penting demi melindungi kendaraan. Selain mengunci mobil dengan baik, mempertimbangkan penggunaan sistem keamanan tambahan, seperti alarm dan immobilizer, dapat memberikan perlindungan ekstra. Ingatlah selalu untuk berhati-hati dan menjaga keamanan mobil agar terhindar dari risiko pencurian.

lalu bagaimana tingkat pencurian kendaraan di negara maju? Amerika Serikat, misalnya? Dilansir dari Carbuzz, pertengahan Juni, pencurian mobil di AS adalah bagian dari cerita kehidupan sehari-hari. Bahkan, CBS News, 14 Juni melaporkan lebih dari satu juta mobil dicuri di AS pada 2022, jumlah tertinggi sejak 2008. Atau sekitar dua kendaraan dicuri setiap menit. Data ini mereka dapatkan dari National Insurance Crime Bureau (NICB), asosiasi industri asuransi yang melacak pencurian kendaraan.

"Naiknya tingkat pencurian mobil berarti jika diterjemahkan membayar premi yang lebih tinggi untuk kendaraan Anda," kata Presiden dan CEO NICB David Glawe, kepada CBS News.

Menurut investigasi CBS News, ribuan kendaraan curian ini diselundupkan ke luar negeri, terutama Meksiko. Dalam beberapa kasus penyelundupan dilakukan di siang hari bolong, melewati pejabat Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) AS di pelabuhan terbesar negara itu.

Berikut adalah 5 merek dan jenis kendaraan yang paling banyak dicuri di AS pada 2021, berdasarkan laporan data NICB pada 19 Juli 2022. Data ini menekankan pentingnya bagi pemilik mobil untuk tetap waspada dan menerapkan langkah-langkah anti-pencurian yang efektif.

Chevrolet Pikap

Menurut data NICB, Chevrolet Pikap menjadi mobil yang paling banyak dicuri di AS. Sebanyak 48.206 unit mobil ini dilaporkan hilang pada tahun 2021, dengan model produksi tahun 2004 menjadi yang paling sering dicuri.

Ford Pikap

4
2006 Ford F-150. (Dok. Ford)

Tidak jauh berbeda, Ford Pikap menduduki peringkat kedua dalam daftar dengan 47.999 laporan pencurian. Model yang paling sering dicuri adalah yang diproduksi pada tahun 2006.

Honda Civic

Pada posisi ketiga, terdapat 31.673 unit Honda Civic yang dilaporkan dicuri di seluruh AS. Model yang paling populer di kalangan pencuri mobil adalah yang diproduksi pada tahun 2000.

Honda Accord

Honda Accord berada di belakang Honda Civic dengan 30.274 laporan pencurian. Pencuri cenderung memilih model yang diproduksi pada tahun 1997.

Toyota Camry

2
2017 Toyota Camry. (Dok. Toyota)

Toyota Camry menempati peringkat kelima dengan 17.270 laporan pencurian pada tahun 2021. Model tahun 2007 menjadi yang paling sering dicuri.