Bagikan:

JAKARTA - National Insurance Crime Bureau (NICB) merilis daftar mobil yang paling banyak dicuri di Amerika Serikat (AS) sepanjang tahun 2023. Tiga model dari Hyundai dan Kia mendominasi daftar tersebut.

"Peringkat ini menyoroti ancaman pencurian kendaraan yang terus-menerus terjadi di seluruh negeri," kata Presiden dan CEO NICB, David J Glawe, seperti dilaporkan oleh CarBuzz, Rabu, 15 Mei.

Hyundai Elantra menduduki posisi teratas dengan 48.445 kasus pencurian, diikuti oleh Hyundai Sonata dengan 42.813 kasus. Di posisi ketiga ada Kia Optima atau K5 dengan 30.204 kasus.

Meskipun jumlah pencurian pada model Elantra sangat tinggi, hal ini belum mampu menggoyahkan Chevrolet Silverado dari posisinya sebagai kendaraan yang paling banyak dicuri di AS pada tahun 2022, dengan 49.903 kasus pencurian.

Pada pertengahan tahun lalu, publik AS dikejutkan oleh aksi seorang remaja asal Texas yang mencuri mobil Kia dan Hyundai. Remaja tersebut menggunakan pengetahuan dari video di aplikasi TikTok untuk melakukan pencurian. Mobil-mobil yang berhasil dicuri tidak memiliki immobilizer mesin, sebuah fitur canggih yang ada pada mobil keluaran terbaru dan dianggap lebih aman. Immobilizer memastikan mesin mati jika dinyalakan secara paksa atau dengan kunci kontak yang tidak sah, meskipun kunci tersebut memiliki pola yang sama dengan yang asli.

Karena kejadian ini, beberapa kota telah mengancam atau mengajukan gugatan hukum terhadap Hyundai dan Kia atas mudahnya mobil mereka dicuri. Beberapa perusahaan asuransi juga telah menegaskan bahwa mereka tidak akan meng-cover model-model yang terkena dampak.

Sebagai respons, Hyundai menawarkan pembaruan perangkat lunak anti-pencurian gratis untuk mencegah pencurian mobil. Hyundai menyediakan pusat layanan bergerak di Washington, D.C., dan berharap dapat meningkatkan jumlah pemasangan perangkat lunak ini sehingga lebih banyak kendaraan terlindungi dari pencurian di masa depan.

Kia juga melakukan hal yang sama dengan memasang perangkat lunak terbaru secara gratis. Bagi pemilik kendaraan yang tidak memenuhi syarat, Kia menawarkan kunci setir pengaman tanpa biaya. Pembaruan ini diklaim dapat membatasi operasi sistem pengapian kendaraan dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dipasang.