Tutorial Menginstal iOS 17 Beta untuk Pengembang di iPhone, Buruan Coba!

JAKARTA - Raksasa teknologi Apple telah resmi merilis iOS 17 pada Worldwide Developer Conference (WWDC) Apple yang dilaksanakan pada Senin, 5 Juni kemarin. 

Rilis final iOS 17 ini diperkirakan tidak akan tiba hingga September. Meski demikian, Apple menyediakan pratinjau pengembang pertama atau versi beta untuk memberikan kesempatan bagi para pengembang awal dalam menyiapkan aplikasi mereka untuk digunakan segera setelah iOS 17 resmi meluncur di musim gugur nanti. 

Melansir Digital Trends, secara umum, beta pengembang Apple ini hanya tersedia untuk anggota berbayar 99 dolar AS (Rp1,48 juta) per tahun di program Pengembang Apple. Tapi, sepertinya Apple telah mengubahnya dan membuat Beta Pengembang iOS 17 tersedia untuk siapa saja dengan ID Apple.

Jika Anda akan menginstal beta pengembang awal iOS 17 pada Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cadangan iPhone yang baik terlebih dahulu. Perlu diperhatikan juga bahwa Apple hanya bermaksud agar ini digunakan oleh pengembang pada perangkat uji yang tidak memiliki file penting di dalamnya.

Untuk mengaktifkan dan menginstal iOS 17 beta di iPhone Anda, Anda bisa mencoba tutorial berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone Anda
  2. Pilih General
  3. Pilih Software Update
  4. Pilih Beta Updates. Perhatikan bahwa ini hanya akan muncul jika iPhone Anda mengenali bahwa ID Apple Anda adalah bagian dari program beta
  5. Di layar berikutnya Anda akan melihat daftar beta yang dapat diunduh oleh ID Apple Anda. Anda akan melihat beta pengembang dan beta publik di sini jika Anda terdaftar untuk kedua program tersebut
  6. Pilih iOS 17 Developer Beta
  7. Klik ikon Back dari sudut kiri atas. Anda akan kembali ke layar pembaruan perangkat lunak utama, dan Beta Pengembang iOS 17 akan muncul setelah satu atau dua detik
  8. Pilih Unduh dan Instal untuk mulai menginstal iOS 17 beta.

Diperlukan waktu hingga satu jam atau lebih untuk mengunduh iOS 17 beta, menyiapkannya, lalu memasangnya di iPhone Anda. Setelah proses itu selesai, iPhone akan memulai ulang dan membawa Anda melalui serangkaian layar sambutan dan pengaturan yang biasa.