Mobil Coupe Langka Ini Dihargai Sampai Rp31 Miliar

JAKARTA - Acara lelang MonacoCarAuctions akan melepas salah satu unit Ferrari langka, yakni 250 GT Boano tahun 1956 pada 8 Juni ini.

Pada eranya, Ferrari 250 GT Boano merupakan salah satu mobil Gran Turismo andalan pabrikan berlogo kuda jingkrak tersebut. Nama "Boano" diambil dari sang desainer, Carrozzeria Boano.

Boano mendapat kepercayaan dalam mendesain mobil tersebut setelah mendapat kontrak untuk membangun konsep 250 GT Pininfarina pada 1954.

Dilansir dari laman Carscoops, Senin, 5 Juni, Ferrari 250 GT Boano menjadi salah satu coupe terlangka yang pernah dibuat. Bagaimana tidak, mobil yang memiliki atap rendah tersebut hanya diproduksi 14 unit.

Selain itu, mobil tersebut memiliki bobot yang ringan dengan aluminium menjadi bahan dasar dari Ferrari 250 GT Boano, tidak seperti sportscar lainnya yang masih menggunakan baja dalam pembuatan mobil.

Mobil ini juga memiliki sejarah dalam dunia balap. Ferrari 250 GT Boano dikirim kepada importir mobil Ferrari terkenal asal Amerika Serikat, Luigi Chinetti dan diikutkan dalam Grand Prix Nassau pada 1956 dengan pembalap asal Belgia, Jan de Vroom.

Berbicara soal Ferrari, wajib hukumnya mengetahui jantung pacu yang digunakan. Ferrari 250 GT Boano memiliki mesin 3,0 liter Colombo V12 yang dapat menghasilkan tenaga 217 dk yang terbuas pada masanya.

Ferrari 250 GT Boano memiliki warna metalik biru muda yang dilengkapi dengan atap rendah berwarna putih. Bagian interior tampak antik dengan kulit berwarna biru dan krem.

Mobil ini juga memiliki sertifikasi dari Ferrari Classiche untuk membuktikan bahwa mobil ini merupakan kendaraan antik yang pernah dibuat oleh Ferrari.

Harga mobil coupe langka ini diperkirakan mencapai 1,39 juta dollar AS hingga 2,14 juta dollar AS (kisaran Rp20,6 miliar hingga Rp31,8 miliar).