Pintu Bisa Terbuka Sendiri saat Berkendara, Volkswagen Tarik ID.4
Volkswagen ID.4. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen terpaksa melakukan recall pada model mereka, ID.4 di Amerika Serikat karena bagian pintu mobil dapat terbuka mendadak saat melaju dengan kecepatan rendah.

Dilansir dari InsideEV, Rabu, 10 Mei, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), mengatakan kendaraan yang terkena dampak, dirakit antara Desember 2020 dan Desember 2022 di Zwickau, Jerman.

Pabrikan telah melakukan penarikan sebanyak 35.325 unit VW ID.4 unit. Volkswagen menduga pegangan pintu pada coupe tersebut tidak memenuhi spesifikasi pabrik untuk perlindungan terhadap masuknya air.

Masuknya air ini dapat menyebabkan malfungsi pada rakitan di papan sirkuit, lalu saat kendaraan terkena gaya lateral tinggi pada kecepatan di bawah 15 km/jam pintu bisa terbuka secara mendadak.

Pintu terbuka secara mendadak dapat menimbulkan banyak potensi kecelakaan. Sehingga, berisiko tinggi bagi penumpang maupun orang yang berada di luar mobil.

VW ID.4 merupakan mobil bertipe coupe dengan tenaga listrik yang dibekali motor elektrik belakang berkekuatan 201 dk dengan baterai 62 kWh yang dapat membuat mobil melaju dengan jarak 336 km dalam keadaan baterai penuh.

Untuk trim standar, VW ID.4 dihargai sebesar 38.995 dollar AS atau sekitar Rp575,9 jutaan. Sedangkan varian tertingginya, yaitu ID.4 AWD Pro S Plus seharga 55.245 dollar AS atau kisaran Rp815,7 jutaan yang memiliki motor listrik bertenaga 295 dk, baterai 82 kWh yang membuat mobil melaju hingga 410 km.

Sebulan sebelumnya, VW melakukan recall pada ID.4 yang dirakit di pabrik Cattanooga di Tenneseee, AS dengan permasalahan yang sama.