Maserati akan Luncurkan Dua Model Terakhir Bermesin V8
Jajaran mobil Maserati bermesin V8. (Dok. Maserati)

Bagikan:

JAKARTA - Ada kabar baik untuk para penggemar Maserati. Brand kendaraan mewah asal Italia tersebut akan merilis dua model terbaru, yaitu Ghibli 334 Ultima dan Levante V8 Ultima.

Namun, ini juga menjadi kabar sedih bagi pecinta mesin V8. Soalnya, kedua mobil tersebut akan menjadi model terakhir pemakai mesin delapan silinder tersebut.

Dilansir dari Motor1, Kamis, 11 Mei, Maserati akan menghentikan produksi mobil bermesin V8 lainnya dari Levante, Ghibli, dan Quattroporte dalam spesifikasi Trofeo pada akhir 2023. Namun, tetap akan dijual pada 2024. 

Maserati telah menyiapkan mesin pengganti V8, yakni Nettuno V6 twin-turbo yang sepenuhnya dikembangkan di pabrik Maserati, Modena, Italia. 

Mesin 3,0 liter tersebut sebelumnya telah disematkan pada supercar MC20 standar maupun MC20 Cielo bermesin tengah, serta model Grecale dan GranTurismo terbaru. Mesin V6 tersebut juga telah disematkan pada mobil balap, MC20 GT2 dengan berkekuatan lebih dari 621 dk dan torsi 730 Nm.

Maserati Ghibli 334 Ultima dan Levante V8 Ultima akan memulai debutnya di pergelaran Goodwood Festival of Speed di Inggris yang akan berlangsung pada Juli mendatang. Kedua mobil ini akan diluncurkan dalam versi Trofeo.

Model terakhir bermesin V8 sekaligus mengakhiri kisah romantis Maserati dengan mesin delapan silinder yang telah berlangsung selama 64 tahun.

Di masa mendatang, Maserati memang ingin segera mengurangi produksi mobil bermesin pembakaran demi berkontribusi dalam mengurangi emisi. Pabrikan asal Italia ini juga akan menawarkan sepenuhnya model kendaraan listrik mulai 2025 mendatang.