Bagikan:

JAKARTA - Salah satu mobil klasik Maserati, Maserati 5000 GT Indianapolis Coupe tahun 1961, baru saja terjual dengan harga lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp15 miliar) melalui situs lelang Bring A Trailer.

Mobil ini adalah salah satu dari hanya 34 coupe 5000 GT yang pernah diproduksi, dan hanya ada 22 yang menggunakan bodi Carrozzeria Allemano oleh Michelotti. Tak hanya itu, model ini juga merupakan satu-satunya model "Indianapolis" yang diproduksi, sebagai penghormatan atas kesuksesan Maserati di Indianapolis 500. Tak heran jika harga jualnya begitu fantastis.

4

Maserati 5000 GT adalah kendaraan bersejarah dari Maserati yang bahkan dijuluki sebagai "Mobil untuk Raja”. Kendaraan pertama dari model ini dipesan oleh Shah Iran, Mohammad Reza Pahlavi, yang menginginkan versi dari 3500 GT dengan mesin V8 dari mobil balap 450S.

Maserati 5000 GT pertama kali diluncurkan pada tahun 1959 dan memproduksi model mewah ini selama tujuh tahun berikutnya untuk para pembeli di seluruh dunia.

5

Dilansir dari Carbuzz, 20 Juli, mobil yang terjual ini juga memiliki sejarah yang unik. Mobilnya memiliki nomor rangkaian (sasis) 103.014 dan selesai dibuat pada bulan September 1961. Selanjutnya mobil ini difoto dan dimasukkan dalam brosur 5000 GT serta menjadi sampul majalah Auto Italiana sebelum akhirnya dijual kepada pengusaha William H. Brown dari Pittsburgh.

Brown menerima kendaraan ini di Italia dan mengemudikannya di seluruh Eropa sebelum mengirimnya kembali ke Amerika untuk beberapa tahun, lalu kembali dikirim ke Italia untuk pemeliharaan. Setelah itu, mobil ini dijual kepada seorang pemilik di Tuscany pada tahun 1967, kemudian kembali ke tangan seorang pemilik Amerika pada tahun 1975, dan diimpor ke Britania pada tahun 1980. Pada tahun 1996, model ini dibeli oleh kolektor Maserati, John F. Bookout Jr, yang kemudian melakukan perbaikan lengkap pada kendaraan pada tahun 2001. Akhirnya, pada tahun 2016, mobil ini dijual kepada pemilik terakhirnya sebelum terjual lagi situs lelang Bring A Trailer.

Sebagai model "Indianapolis," kendaraan ini memiliki ciri khas berupa grill berbaris horizontal dan tulisan "Indianapolis" di setiap sayapnya. Saat mengalami perbaikan, mobil ini dibongkar hingga menjadi bagian-bagian metal sebelum akhirnya dicat ulang dengan warna Grigio Montebello asli, dan seluruh interiornya dibalut kembali dengan kulit merah. Selain perbaikan pada bodinya, perbaikan juga dilakukan pada mesin V8 berkapasitas 4.941cc dengan empat nok cam-nya yang khas, serta menggunakan sistem injeksi bahan bakar mekanik Luca dan pengapian ganda, semuanya dikombinasikan dengan transmisi manual empat percepatan.

Nah, soal harga saat terjual yang melebihi 1 juta dolar ternyata dinilai masih cukup murah. Pasalnya, ketika terakhir kali ada yang menjual model yang sama pada tahun 2016, mampu terjual dengan harga 1,6 juta dolar. hal ini merupakan indikasi bahwa pasar mobil bekas memang mulai mengalami penurunan setelah beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu, investasi pada mobil ini dinilai masih lebih baik daripada membeli Maserati MC20 terbaru.