Forest Interactive Hadirkan Revolusi Solusi Telekomunikasi di Era Digital
JAKARTA - Forest Interactive, penyedia solusi telekomunikasi terkemuka, menemukan bahwa industri telekomunikasi mengalami transformasi yang signifikan saat menyesuaikan diri dengan era digital.
Kemunculan teknologi baru seperti 5G, AI, dan IoT menjadi salah satu alasan perusahaan telekomunikasi berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur digital untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.
Berdasarkan penelitian dari Grand View Research, ukuran pasar layanan telekomunikasi global diperkirakan akan berkembang dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 6,2 persen dari tahun 2023 hingga 2030.
Selain itu, Asia Pasifik menjadi wilayah dengan pangsa terbesar lebih dari 33,5 persen di pasar layanan telekomunikasi pada tahun 2022, dan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun 2023 hingga 2030.
"Era digital telah membawa peluang besar bagi industri telekomunikasi. Karena semakin banyak orang menggunakan perangkat digital dan internet untuk bekerja dan hiburan, permintaan akan konektivitas yang andal dan berkecepatan tinggi telah meningkat secara signifikan. Tren ini berakselerasi selama pandemi, ketika lebih banyak orang bekerja dan belajar dengan jarak jauh," kata Rizka Arsil, Country Manager Forest Interactive dalam sebuah pernyataan tertulis yang diterima.
Baca juga:
- Microsoft Tingkatkan Mesin Pencarian Bing dan ChatGPT untuk Mempersempit Kesenjangan dengan Google
- LinkedIn Luncurkan Alat Verifikasi yang Cegah Pengguna dari Postingan Pekerjaan Palsu
- Ketahui 3 Jenis Tower BTS (Base Transceiver Station) 4G yang Ada di Indonesia Beserta Fungsinya
- Terapkan Teknologi Cloud Workday, BINUS Group Percepat Transformasi Digital
Untuk menjawab tantangan yang ada, perusahaan telekomunikasi berinvestasi dalam infrastruktur digital seperti saluran serat optik, teknologi 5G, dan komputasi awan, yang dinilai dapat memberikan kecepatan yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan konektivitas yang lebih baik untuk pelanggan.
Tidak hanya itu, perusahaan telekomunikasi juga berinvestasi dalam AI dan IoT untuk menyediakan layanan yang lebih personal dan meningkatkan efisiensi operasional.
Sebagai salah satu dari banyak perusahaan yang ikut menyambut datangnya era digital, Forest Interactive ikut menyediakan layanan Digital Service Delivery Platform (DSDP), yang merupakan Platform-as-a-Service (PaaS) untuk operator seluler dalam mengelola penyedia konten melalui platform tunggal, integrasi layanan yang disederhanakan, dan proses penggunaan yang efisien.
Forest Interactive juga menyediakan solusi Digital Voucher Platform (DVP) yang memungkinkan perusahaan untuk menghadirkan konten seperti musik, gim, dan aplikasi secara efisien kepada pengguna akhir. Juga Direct Carrier Billing (DCB), metode pembayaran yang aman dan praktis melalui tagihan langsung pada operator telekomunikasi.
"Kami berkomitmen untuk membantu pelanggan kami menavigasi transformasi digital ini. Kami bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk menyediakan solusi inovatif yang akan memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dan tetap unggul dalam persaingan,” lanjut Rizka.