Bagikan:

JAKARTA - EDOTCO, perusahaan layanan infrastruktur telekomunikasi regional, telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Telecom Infra Project (TIP) dan Telkom University, dalam merevolusi lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara. 

Ditandatangani dalam Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, kolaborasi ini akan menciptakan ekosistem neutral host, guna memungkinkan konektivitas yang lancar di seluruh jaringan yang beragam.  

“Dengan menggabungkan keahlian industri kami dengan solusi inovatif, kami bertujuan mendefinisikan lanskap digital, menciptakan masa depan di mana konektivitas tidak hanya canggih tetapi juga inklusif,” kata Gayan Koralage, Direktur Strategi EDOTCO Group dalam pernyataannya pada Jumat, 1 Maret. 

Dengan memanfaatkan solusi Open RAN, para mitra-mitra bisa menciptakan kerangka kerja yang dapat diskalakan dan efisien dengan konektivitas yang lancar. 

Solusi Open RAN ini juga akan memungkinkan interoperabilitas dan fleksibilitas, yang menghasilkan penggunaan sumber daya jaringan yang lebih efisien dan memberikan manfaat bagi konsumen dan bisnis dengan peningkatan cakupan, pengurangan latency, dan pengalaman digital yang lebih baik.

Proyek ini akan difokuskan pertama kali di Indonesia. Meskipun begitu, Gayan Koralage menegaskan bahwa mereka akan membawa inovasi ini ke lebih luas lagi di Asia Tenggara. 

“Inisiatif neutral host adalah game-changer dalam lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara. Visi kolektif kami adalah membuka peluang baru yang melampaui batas konektivitas konvensional, menempatkan Asia Tenggara di garis depan revolusi digital global,” ujar Kristian Toivo, Direktur Eksekutif TIP. 

Sedangkan Prof. Adiwijaya, Rektor Telkom University, mengatakan, “Kami sangat bersemangat menjalin kemitraan dengan EDOTCO Group dan TIP untuk mendorong inovasi konektivitas di Asia Tenggara.”