Astra Infra Perkirakan Ada Kenaikan Trafik 13 Persen di Ruas Tol Saat Libur Natal dan Tahun Baru
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Astra Infra memperkirakan terjadi peningkatan trafik kendaraan sebesar 13 persen di seluruh ruas tol yang dikelola pada periode liburan Natal 2022-Tahun Baru 2023.

"Kita melihat akan ada peningkatan, di mana secara umum seluruh ruas tol kita akan mengalami peningkatan trafik sebesar 13 persen. Hal ini tentunya akan bervariasi di masing-masing ruas jalan tol yang kita kelola," ujar Chief Executive Astra Infra Solutions Ega N Boga dalam temu media secara virtual, dikutip dari Antara, Selasa 13 Desember.

Secara umum pergerakan Natal-Tahun Baru, lanjutnya, akan banyak keluar kota, namun tidak juga memungkiri kemungkinan mobilisasi wisata akan terjadi pada ruas-ruas tol dalam kota dan luar kota.

"Menurut analisa kita, kita memproyeksikan untuk pergerakan Natal akan lebih terjadi pada H-3 Natal atau 22 Desember dan bergerak hingga Sabtu 24 Desember. Bahkan di titik Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan ada peningkatan pada Natal," katanya.

Untuk Tol Semarang-Solo, kemudian Mojokerto-Kertosono, Surabaya, serta Pandaan-Malang, terlihat bahwa kecenderungannya terjadi pada periode Hari Natal dan Tahun Baru. Karena memang secara histori pergerakan dari Semarang ke Bawen dan wilayah sekitarnya banyak terjadi pada periode tersebut.

Adapun untuk titik kepadatan diperkirakan terjadi pada Tol Tangerang-Merak di Gerbang Tol (GT) Cikupa, GT Serang Timur, dan GT Merak. Sedangkan titik kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan kemungkinan akan terjadi menjelang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Titik kepadatan di Tol Semarang-Solo diperkirakan terjadi pada intersection Bawen, lalu untuk Tol Jombang-Mojokerto diperkirakan terjadi kepadatan pada Exit Tol Bandar - Persimpangan Mengkreng. Untuk Tol Pandaan-Malang, kepadatan kemungkinan terjadi pada Exit Tol dan simpang underpass Singosari.

Terkait dengan persiapan momen libur Natal dan Tahun Baru, Astra Infra melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong, dan Kebon Jeruk-Ulujami, telah melakukan persiapan yang menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol.

Dalam kesempatan sama Group COO AstraInfra Kris Ade Sudiyono mengatakan pada momen Natal dan Tahun Baru ini pihaknya telah menyiapkan dukungan teknologi yang memfokuskan pada kemudahan akses informasi untuk publik dan live report di lokasi-lokasi strategis tol Astra Infra, serta memonitor seluruh area dengan teknologi surveillance selama 24 jam serta tim pendukung kan bereaksi berdasarkan pantauan teknologi tersebut.

Optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur telah disiapkan untuk mendukung keselamatan berkendara di jalan tol. Periode Natal-Tahun Baru tahun ini pihaknya telah menyiapkan petugas khusus yang berjumlah lebih dari 1.300 personel.