Dikira Tak Lanjut, Mobil Sport Asal China Ini Tiba-tiba Mengaspal di Italia

JAKARTA - Perusahaan raksasa otomotif asal China, FAW Group, mengirimkan mobil sportscar EV, Hongqi S9 dalam sebuah acara klasik yang berlangsung di Italia.

Mobil yang di bawah payung sub-merek, Hongqi tersebut sukses menarik perhatian publik dalam gelaran Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Danau Como, Italia. Meski diketahui S9 jauh dari kata selesai.

(Dok. Carnewschina)

Dilansir dari Carnewschina, Senin, 22 Mei, Hongqi S9 hadir di acara tersebut dengan mesin ICE yang kecil. Berbeda dengan yang diungkapkan pabrikan selama ini jika S9 dibekali mesin 4.0 liter V8.

Proyek Hongqi S9 dimulai sejak 2019 lalu dengan dibekali mesin 4,0 liter V8 dan motor listrik, dan dikatakan S9 dapat mengeluarkan daya gabungan 1.400 dk. Diklaim bahwa mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 2 detik dan memiliki kecepatan maksimal hingga 400 km/jam.

Sebenarnya Hongqi S9 akan diluncurkan pada paruh tahun kedua 2022. Namun, pengembangannya masih jauh dari kata selesai. Berbagai media lokal China melaporkan bahwa proyek ini dihentikan. Dan jadi mengejutkan, secara tiba-tiba sportscar tersebut hadir di tepi danau Como, Italia.

Mobil ini hadir dalam bentuk yang berbeda daripada yang diperlihatkan pada 2022. S9 ditampilkan dengan warna hitam dengan garis merah yang melintas dari ujung depan hingga belakang.

S9 juga hadir dengan air intakes pada bemper depan, pintu, fender, dan bahkan bemper belakang. Menambah agresifitas, Hongqi menyematkan sayap belakang yang besar serta diffuser yang membantu mengoptimalkan aerodinamika.

Acara Concorso d'Eleganza Villa d'Este merupakan gelaran otomotif klasik yang diselenggarakan di Italia. Pameran ini berlangsung pada 19-21 Mei 2023 dengan menampilkan beberapa brand terkenal seperti Pagani, Bugatti, Maserati, Lamborghini, Ferrari, dan salah satunya Hongqi.