Pony Coupe Hidup Lagi, Mobil Mirip 'Origami' Produksi Pertama Hyundai

JAKARTA - Hyundai menghidupkan kembali mobil konsep Pony Coupe. Pony adalah mobil pertama yang diproduksi massal oleh pabrikan asal Korea Selatan itu.

Dihidupkannya kembali mobil konsep ini merupakan bagian dari perayaan 50 tahun Pony Coupe Hyundai.

Dikutip dari Autocar, Pony Coupe Hyundai merupakan rancangan Giorgetto Giurgiaro dan Fabrizio. Karya ayah dan anak itu telah berusia kurang lebih 50 tahun setelah diperkenalkan ke publik pertama kali di pameran motor Turin tahun 1974.

Dalam perjalanan produksinya, usia Pony Coupe Hyundai memang berlangsung singkat imbas dihantam kondisi ekonomi global saat itu.

Meski berumur singkat, Pony Coupe telah menginspirasi desain Hyundai N Vision 74 yang memiliki bahan bakar hydrogen, serta menginspirasi konsep Hyundai 45 yang digunakan pada SUV Ioniq 5.

Namun sayang, dilahirkannya kembali Pony Coupe Hyundai bukan merupakan awal dari produksi massal mobil klasik tersebut. Hyundai menyatakan hanya sebatas mengingat kembali sejarah dan bakal dijadikan koleksi perusahaan.

 Pony Coupe Hyundai yang diproduksi pertama 50 tahun silam dilahirkan kembali (dok. Hyudnai Motor Group)

Pony Coupe Hyundai Hidup Lagi

Adalah Giorgetto dan Fabrizio yang ditugaskan kembali Hyundai untuk menghidupkan lagi desain asli Pony Coupe.

Giorgetto yang berusia 84 dan adiknya akhirnya memperlihatkan kembali Pony Coupe yang memiliki desain yang kaku, namun menonjolkan unsur atletis dan minimalis. 

Konsep baru Pony Coupe yang digarap kakak-adik asal Italia itu disebut sempurna mereplikasi eksterior "mirip origami" khas Pony Coupe klasik, terlihat dalam garis atap ramping, dan ujung depan berbentuk baji.

Mobil konsep ini juga dibangun seperti aslinya dengan membenamkan sistem penggerak roda belakang yang ditenagai mesin bensin 4 silinder 1,2 liter 78 dk, dengan panjang 4.080 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.210 mm.