Bagikan:

JAKARTA - Belum terlalu lama publik melihat versi konsep Genesis GV80 Coupe, tepatnya pada bulan April di New York Auto Show 2023.

Namun ternyata tidak butuh waktu lama juga bagi pabrikan untuk memproduksi pesaing dari BMW X6 dan SUV Mercedes-Benz GLE Coupe ini. Rencananya, mobil dari divisi mewah Hyundai ini dijual mulai 11 Oktober di Korea Selatan dan akan ditemani oleh versi terbaru dari GV80.

“Seiring dengan definisi ulang batasan kemewahan, Genesis yakin bahwa GV80 dan GV80 Coupe akan memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang terus berkembang," kata Chief Brand Officer Genesis, Graeme Russell, dalam laman resmi Genesis, Rabu, 27 September.

Dikutip dari Motor1, Rabu, 27 September, GV80 Coupe adalah gambaran nyata yang sama seperti mobil konsep yang diperkenalkan di New York dan menggunakan pelek eksklusif berukuran 20 dan 22 inci. Mobil ini mempertahankan spoiler atap sporty dari konsep sebelumnya dan memiliki sistem knalpot quad untuk versi flagship.

4

Genesis dilaporkan akan menjual Coupe pertamanya dengan grill radiator dual mesh yang mencolok dan pilihan dari 13 warna eksterior, termasuk nuansa Bering Blue yang tidak tersedia pada model lainnya.

Perbedaan paling signifikan antara konsep dan model produksi dapat ditemukan di dalamnya, di mana model produksi memiliki layar infotainmen lebar 27 inci. Layar ini tampak sangat besar daripada dua layar yang digabungkan. Dial untuk pemilih gigi dan knob infotainmen juga memiliki sentuhan kristal yang mewah mirip dengan produk BMW kelas atas. Kursi bucket individual konsep telah diganti dengan kursi yang lebih nyaman berlapis kulit dengan bangku belakang tiga penumpang.

6

Nuansa kabin terasa memberikan kesan premium dari hampir setiap sudut. Konsol tengah memiliki kontrol iklim sentuh, sementara kursi belakang dapat direbahkan untuk kenyamanan atau kepraktisan yang ditingkatkan. Ada lima warna interior yang bisa dipilih, termasuk tiga warna baru: Glacier White, Earth Brown, dan Bordeaux Brown.

6

Secara teknis, Genesis GV80 Coupe memiliki panjang 195,4 inci (4965 milimeter) dengan wheelbase (jarak sumbu roda) yang besar, yaitu 116,3 inci (2955 mm). Lebarnya mencapai 77,7 inci (1975 mm) dan tingginya 67,3 inci (1710 mm), dengan konfigurasi penggerak roda empat roda (all-wheel drive) standar dan transmisi otomatis delapan percepatan. Terlepas dari mesinnya, semua versi dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 21,1 galon (80 liter).

Untuk urusan tenaga, model dasar dilengkapi mesin bensin empat silinder segaris 2,5 liter turbocharged dengan tenaga 300 dk dan torsi 422 Nm. Selanjutnya, juga tersedia mesin V6 twin-turbo 3,5 liter yang menghasilkan tenaga 375 dk dan torsi 530 Nm.

Untuk harganya belum diumumkan namun Genesis juga berencana untuk memamerkan kedua SUV ini di Busan International Film Festival 2023 bulan depan.