Genesis Berniat Ekspansi Pasar, Salah Satunya Masuk ke India
Genesis GV80. (Dok. Genesis)

Bagikan:

JAKARTA - Brand premium milik Hyundai Motor Group, Genesis, dikabarkan akan tiba di pasar India pada akhir 2025 mendatang. Pabrikan dari Korea Selatan ini berencana untuk membentuk tim baru untuk meluncurkan merek ini.

Menurut laporan Autocar India, Senin, 6 Mei, Hyundai tertarik membawa brand ini ke India karena perusahaan melihat permintaan yang tinggi untuk segmen SUV, di mana produk Genesis didominasi oleh kendaraan utilitas.

Saat ini, pabrikan sedang mempelajari segala kemungkinan diluncurkannya SUV seperti GV70, GV80, dan GV90. Kemungkinan produk Genesis merupakan impor (CBU) pada tahap pertama, yang kemudian perusahaan berencana untuk merakitnya secara lokal di pabrik Sriperumbudur, Chennai.

Produk sekarang seperti Genesis GV70 merupakan rival langsung dari Mercedes-Benz GLC dan Audi Q5. Generasi saat ini telah diluncurkan pada 2020 lalu dan menerima sejumlah penyegaran. SUV ini ditawarkan dalam varian bensin hingga hybrid.

Model kedua ialah GV80 yang merupakan salah satu paling terpopuler. Model ini menandai debutnya pada 2020 lalu dengan menerima beberapa peningkatan. SUV bergaya coupe ini merupakan pesaing langsung bagi Mercedes-Benz GLE dan BMW X5.

Berdiri sejak 2015 lalu, Genesis meraih tonggak pencapaiannya dengan berhasil menjual sebanyak lebih dari 1 juta unit di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan mencatat penjualan rata-rata 200.000 unit hingga 250.000 unit.

Selain itu, merek premium ini telah menetapkan target untuk menjadi brand tanpa emisi pada 2030 mendatang dan mulai meluncurkan kendaraan listrik (EV) sepenuhnya mulai 2025 hingga seterusnya. Diharapkan ini dapat membuka jalan untuk mencapai netralitas karbon pada 2035.