Promotor Konser Coldplay Lebih Pilih GBK Ketimbang di JIS, PDIP: Kesempatan Jakpro untuk Evaluasi 

JAKARTA - PDIP berkomentar soal pemilihan lokasi konser Coldplay di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan pada November mendatang, sementara di sisi lain terdapat stadion yang digadang bakal dijadikan tempat konser musik internasional, yakni Jakarta International Stadium (JIS).

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai wajar GBK menjadi pilihan promotor untuk menggelar konser band asal London ini ketimbang JIS. Sebab, Stadion yang dibangun di era Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI ini, dianggap Gembong, kurang menguntungkan.

"Kalau ini urusan bisnis, ya. Artinya kan promotor bicara untung dan rugi. Mungkin di GBK jauh lebih menarik dan menjual dibanding JIS," kata Gembong saat dihubungi, Kamis, 11 Mei.

Mungkin, lanjut Gembong, tak diliriknya JIS menjadi lokasi gelaran konser Coldplay verkaca dari konser Dewa 19 yang sempat ramai dikeluhkan penontonnnya beberapa waktu lalu. Mayoritas masyarakat mengeluhkan sulitnya akses mobilitas di kawasan tersebut.

"Konser Dewa saja banyak persoalan. Mungkin analisa pihak penyelenggaranya dari sisi itu," ucap Gembong.

Atas dasar itu, Gembong meminta BUMD PT Jakarta Propertido (Jakpro) selaku pengelola JIS untuk berbenah memperbaiki berbagai sarana yang ada di stadion berkelas internasional di Jakarta Utara tersebut.

"Ini kesempatan Jakpro untuk bisa melakukan evaluasi dan perbaikan. Kenapa ini (konser Coldplay) tidak di tempat saya (JIS). Jakpro juga harus membuka diri agar bangunan yang nampak megah itu bisa dimaksimalkan secara maksimal dan pada ujungnya tidak menggerogoti keuangan Jakpro itu sendiri," imbuhnya.

Coldplay mengumumkan kembalinya mereka ke Asia dan Australia dengan pertunjukan khusus yang akan berlangsung di stadion pada November 2023, sebagai bagian dari Music Of The Spheres World Tour yang memecahkan rekor.

Pengumuman tersebut sekaligus menjadi tanda band ini akan melangsungkan pertunjukan pertamanya di Jakarta, yang digerlar pada 15 November mendatang di Stadion Gelora Bung Karno.

Sejak tanggal pertama tur pada Maret 2022, band ini telah menjual lebih banyak tiket dibandingkan artis lain manapun di dunia, menerima sambutan hangat dari penggemar dan juga kritikus serta meraih penghargaan ‘Favorite Touring Artist’ AMA 2022 dan ‘Tour of The Year’ di Penghargaan iHeartRadio 2023.

Bulan ini juga menampilkan kembali pertunjukan Coldplay pertama di Tokyo sejak 2017, dan merupakan pertunjukan perdana Coldplay di Kaohsiung juga Jakarta, dan band ini kembali hadir ke Perth setelah pertunjukan terakhirnya pada tahun 2009.

Tiket Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta akan mulai dijual Kamis, 19 Mei 2023 mulai pukul 10.00 WIB secara eksklusif di www.coldplayinjakarta.com.