Sandiaga Uno Targetkan Dampak Ekonomi dari Konser Ed Sheeran Capai Rp100 Miliar
Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan dampak ekonomi lebih dari Rp100 miliar dari adanya konser Ed Sheeran di Jakarta.

Adapun penyanyi asal Inggris tersebut dijadwalkan manggung di Jakarta International Stadium (JIS) pada 2 Maret mendatang, dibawa oleh PK Entertainment, promotor yang membawa konser Coldplay di Gelora Bung Karno pada November 2023.

Konser Ed Sheeran + - = ÷ x Tour 2024 yang pada akhirnya bakal diselenggarakan di JIS itu ditargetkan ditonton hingga 50.000 orang.

"Kalau dilihat dari tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalinya Rp2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp100 miliar lebih," kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, dikutip Selasa, 27 Februari.

Pada kesempatan sama, Co-Founder dan CEO PK Entertainment Harry Sudarma berharap, event tersebut bisa memberi dampak langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian.

"Dampak langsung dari konser Ed Sheeran contohnya personel artis yang lebih dari 80. Jadi, pasti ada direct spending yang dilakukan secara hospitality, seperti dari hotel, katering, visa," ujarnya.

Untuk dampak tidak langsung, kata Harry, konser Ed Sheeran diharapkan bisa menarik minat wisatawan asing datang ke Indonesia. Artinya, ada dampak pada pemesanan hotel maupun pesawat. Kemudian, ada uang yang dibelanjakan ketika mereka di Indonesia.

"Kalau kami lihat orang wisata, kan, spending-nya bisa 200 persen ketimbang usual spending. Jadi, diharapkan bisa bantu ekonomi dan pariwisata," ucap dia.

Sementara itu, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, pihaknya bersama PK Entertainment selaku promotor terus berusaha meningkatkan penyelenggaraan konser yang berkualitas.

Adapun PK Entertainment merupakan promotor yang juga mendatangkan Coldplay pada November 2023 lalu.

"Belajar dari kesuksesan Coldplay, kami melihat promotor PK Entertainment ini sudah semakin meningkatkan kualitas penyelenggaraannya dan memang inilah yang kami harapkan bahwa event itu tidak hanya soal memperbanyak atau dari aspek kuantitas, tetapi kualitas penyelenggaraan kualitas dampak juga harus kami tekankan," ungkapnya.

Dia menambahkan, konser Ed Sheeran dengan target 50.000 penonton diharapkan juga dapat berkontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,5 miliar pergerakan.

"Sebanyak 10 sampai 15 persen wisatawan mancanegara akan hadir di konser tersebut sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian," imbuhnya.