Kimera EVO37, Versi Restorasi dari Mobil Legendaris Lancia 037

JAKARTA - Perusahaan tuning biasanya merestorasi mobil layaknya kanvas kosong untuk ditingkatkan performanya dengan kreasi modifikasi mereka sendiri.

Namun apa yang dilakukan oleh Kimera Automobili, perusahaan modifikasi asal Italia, di luar perkiraan atau tidak lumrah. Mereka melakukan modifikasi pada salah satu mobil terlangka yang pernah diproduksi oleh Lancia, 037.

Mobil yang diberi nama Kimera EVO37 tersebut berasal dari Lancia 037 yang pernah diikutkan dalam kejuaraan reli dunia saat regulasi Group B masih ada pada era 80-an. Dan Lancia 037 sukses meraih titel pemenang di tahun 1983.

(Dok. Kimera Automobili)

EVO37 dibekali mesin rekayasa 2,1 liter 4-segaris twincharger, merupakan gabungan supercharger dengan turbocharger. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga dahsyat 500 dk dan torsi 550 Nm. Mesin dikombinasikan dengan transmisi manual enam kecepatan yang digunakan pada Lamborghini Gallardo dan Audi R8.

Selain itu, dilengkapi, roll cage, subframe tubular, dan suspensi double wishbone pada semua sudut dengan dual-shock yang disematkan pada bagian belakang.

Meneruskan tradisi Lancia 037, EVO37 memakai sistem penggerak roda belakang (RWD). Sehingga, pengemudi dapat merasakan performa yang luar biasa dari EVO37 tersebut seperti halnya mobil reli Group B pada masa lampau.

Dari sisi tampilan, tidak ada perubahan bila dibandingkan dengan Lancia 037. Namun, EVO37 telah disematkan empat lampu bulat LED, serta bodinya terbuat dari serat karbon.

Pada saat diluncurkan, Kimera EVO37 dijual sebanyak 37 unit dengan harga 480.000 euro atau sekitar Rp7,78 miliar.

Pada masanya, Lancia 037 hanya dijual sebanyak 300 unit agar memenuhi standar homologasi untuk diikutkan ke regulasi Group B. Mobil ini berhasil membawa gelar juara konstruktor WRC untuk pabrikan pada tahun 1983 dengan pembalapnya, Walter Röhrl yang berhasil meraih runner-up dalam klasemen pembalap.