Spotify Tembus 515 Juta Pengguna Aktif Bulanan, Rekor Tertinggi dan Mengalahkan Prediksi
JAKARTA - Spotify Technology SA telah melewati setengah miliar pengguna aktif bulanan untuk pertama kalinya. Pencapaian ini didukung oleh ekspansi perusahaan streaming musik ini ke lebih banyak pasar. Seperti dilaporkan pada Selasa, 25 April, saham Spotify naik 5%.
Jumlah pengguna aktif bulanan naik menjadi 515 juta pada kuartal pertama, mengalahkan panduan Spotify dan perkiraan analis sebesar 500 juta, menurut data IBES dari Refinitiv.
Pelanggan premium, yang menyumbang sebagian besar pendapatannya, naik 15% menjadi 210 juta, melampaui perkiraan 206 juta.
Perkiraan pelanggan premiumnya sebesar 217 juta untuk kuartal ini juga mengalahkan perkiraan sebesar 212 juta. Perusahaan ini memperkirakan jumlah pengguna aktif bulanan sebesar 530 juta.
Spotify tahun lalu menetapkan rencana untuk mendapatkan satu miliar pengguna pada tahun 2030 dan mencapai pendapatan tahunan sebesar 100 miliar dolar AS (Rp1.496 triliun). Mereka juga berjanji akan mendapatkan pengembalian margin tinggi dari ekspansi mereka yang mahal ke podcast dan audiobook.
"Spotify bukanlah satu solusi ajaib, tetapi lebih dari 100 atau 1.000 hal yang kami lakukan yang semacam terakumulasi dan menambah cerita," kata CEO Daniel Ek, kepada Reuters.
Baca juga:
- Presiden Chili Gabriel Boric Rencanakan Nasionalisasi Industri Lithium dan Pemakaian Teknologi Filtrasi Baru
- 4 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Berdasarkan Kemunculannya Tanpa Ribet
- Pemerintah Suzhou Bayar Pegawai Negeri dengan Yuan Digital, Tak Peduli Banyak yang Tak Tahu Cara Menggunakannya
- Penerbit Majalah Jerman Pecat Editor yang Tulis Wawancara Palsu lewat AI dengan Michael Schumacher
Namun, pendapatan kuartalannya sebesar 3,04 miliar euro (50,1 triliun) kurang dari perkiraan analis sebesar 3,08 miliar euro, dan merugi lebih besar dari yang diperkirakan.
"Masih ada sedikit goncangan makro pada Q1 sehingga memengaruhi kami sedikit," kata Ek.
Banyak pelanggan datang dalam percobaan gratis, atau bagian dari paket keluarga, dan Spotify tidak mendapatkan pendapatan segera, yang dimulai masuk dalam satu kuartal kemudian, katanya.
Pasar iklan yang lunak karena ketidakpastian ekonomi yang berkelanjutan telah menyebabkan penurunan harga, yang memukul margin Spotify. Margin kotor turun menjadi 25,2% dari 25,3% pada kuartal sebelumnya.
Perkiraan pendapatan kuartal berjalan Spotify sebesar 3,2 miliar euro juga kurang dari perkiraan sebesar 3,26 miliar euro.