Pinterest Luncurkan Banyak Fitur Baru untuk Memastikan Keamanan Anak-anak

JAKARTA - Menyusul investigasi dari NBC News bulan lalu, yang mengungkap bagaimana pedofil menggunakan platform Pinterest untuk membuat papan gadis-gadis muda, Pinterest akhirnya meluncurkan fitur baru untuk memberikan keamanan lebih di platformnya. 

Perubahan ini diluncurkan untuk akun-akun yang pemiliknya masih berusia 16 tahun ke bawah. Pertama, akun remaja atau anak berusia di bawah 16 tahun akan di private secara otomatis oleh Pinterest. Hal ini akan memungkinkan tidak ada orang asing yang melihat profil anak dan menyerang ruang pribadi mereka.

Selanjutnya, Pinterest akan membuat papan dan Pin anak berusia di bawah 16 tahun tidak dapat dilihat atau diakses oleh siapa pun kecuali pemiliknya sendiri. Untuk itu, Pinterest bertujuan untuk meluncurkan kemampuan untuk bisa menentukan siapa saja yang diizinkan untuk melihat postingan Anda. 

Berdasarkan pengumumannya, cara kerja fitur ini seperti fitur privasi di media sosial lain, di mana akan ada notifikasi jika seseorang akan mengirimkan pesan kepada Anda. Dari sana, Anda dapat menentukan apakah Anda akan menerima pesan tersebut atau menolaknya. 

Pinterest juga tidak akan menghadirkan filter wajah, karena dinilai dapat mengubah penampilan Anda dan seringkali dapat mulai mengubah cara berpikir Anda tentang diri sendiri. Namun, Pinterest memiliki tools 'Uji Coba Virtual' untuk bermain dengan riasan mata dan warna lipstik tanpa merusak wajah. 

Lebih lanjut, Pinterest memiliki kebijakan unik yang tidak mengizinkan orang mempermalukan diri di platform dan itu juga berlaku untuk merek. Misalnya, Pinterest tidak akan menerbitkan iklan penurunan berat badan sangat berbahaya. 

Akhir bulan ini, Pinterest juga akan menawarkan lebih banyak opsi kepada orang tua dan wali yang ingin mendukung remaja di bawah 18 tahun secara online. Misalnya, orang tua akan memiliki kemampuan untuk meminta kode sandi ke remaja mereka untuk mengubah pengaturan akun tertentu.

Terakhir, Pinterest akan memperluas verifikasi usia. Selain meminta pengguna baru untuk memasukkan tanggal lahir, akhir bulan ini jika pengguna mencoba mengubah tanggal lahirnya di aplikasi, Pinterest akan meminta mereka untuk mengirimkan informasi tambahan ke mitra pihak ketiga kami untuk mengonfirmasi bahwa itu sah.