IHSG Selasa Diramal Bakal Balik Menguat

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi balik menguat pada perdagangan hari ini, Selasa 28 Maret, setelah kemarin melemah 0,79 persen ke level 6.708,93.

Equity Analyst Indo Premier Sekuritas Rifqi Satria Dinandra mengatakan, IHSG pekan ini ditopang oleh sentimen pembagian dividen. Menurutnya, dividen dari emiten-emiten perbankan yang memiliki bobot besar untuk IHSG dibagikan dalam 2 minggu ini.

"Kebiasaan pelaku pasar saat ada pengumuman dividen, mereka langsung buru-buru beli biar dapat dividennya. Hal ini memengaruhi laju positif IHSG yang akhirnya menguat pada pekan lalu," ujarnya dalam riset.

Lebih lanjut kata dia, dividen emiten perbankan akan menyulut dua sentimen yang memengaruhi laju IHSG yakni inflow asing. Adapun pekan lalu dengan hanya 3 hari perdagangan ternyata mampu membuat asing melakukan aksi beli cukup besar senilai Rp2,38 triliun dengan top 5 di dominasi emiten perbankan dan dilanjutkan pada emiten berkapitalisasi besar lainnya.

"Setelah ada pengumuman dividen perbankan, asing ramai-ramai memborong. Hal ini jelas terlihat dari saham-saham BMRI, BBCA dan BBRI yang diborong asing hingga lebih dari Rp2 triliun sendiri. Investor asing masuk lagi. Selain itu, investor asing juga masuk lagi ke dalam negeri melalui saham-saham berkapitalisasi besar lainnya," jelasnya.

Terkait kenaikan suku bunga di AS yang sudah kesembilan kalinya berturut-turut, ini jelas menjadi sentimen positif untuk market. The Fed menaikkan suku bunga 25 bps.

"Kenaikan suku bunga ini sebenarnya jadi sentimen positif, karena kenaikan suku bunganya sedikit-sedikit alias sudah diredam. Pelaku pasar juga sudah berharap suku bunga akan berhenti dinaikkan tahun ini," tegasnya.