Fitur Perintah Suara Lengkapi Toyota Mirai 2023 

JAKARTA - Produsen kendaraan asal Jepang, Toyota baru-baru ini mengungkapkan pembaruan minor pada Mirai untuk model 2023. Pembaruan tersebut bukan terletak pada bagian eksterior, melainkan pembaruan pada fitur.

Dilansir WebWire, Kamis, 23 Maret, Toyota Mirai 2023 telah dilengkapi sistem "Toyota Audio Multimedia" terbaru, serta sistem bantuan pengemudi canggih untuk varian Trim Limited.

Sistem ini menampilkan layar 12,3 inci yang dilengkapi Intelligent Assistant yang dapat merespon kata "Hei, Toyota" yang dapat mengatur radio, sistem iklim, serta navigasi. Sistem navigasi yang dimiliki "Toyota Audio Multimedia" berbasis dari Cloud dengan Google.

Pembaruan lainnya meliputi fitur hiburan, yakni Apple CarPlay nirkabel, Android Auto, pembaruan over-the-air, streaming Apple Music, serta Amazon Music. Tentunya, anda harus melakukan langganan agar mendapat hasil yang memuaskan apabila free trial awal berakhir.

Mobil Mirai entry-level dilengkapi kluster instrumen digital 8 inci, charger gawai nirkabel, serta audio JBL 14 speaker yang dapat memanjakan konsumen saat mengemudi. Model tersebut juga menggunakan jok depan SoftTex yang bisa disesuaikan.

Bagi pelanggan yang mencari kemewahan dapat ditingkatkan ke trim Limited, yang dilengkapi kursi berpemanas serta ventilasi pada keempat sudut.

Para konsumen yang ingin membeli trim Limited juga akan mendapatkan fitur Advanced Drive, yaitu teknologi yang dapat membantu konsumen dalam mengendarai Mirai tersebut.

Dengan sistem ini, mobil juga bisa dikendarai tanpa tangan berada di setir dalam keadaan tertentu. Namun, sistem pemantauan akan memastikan bahwa pengemudi untuk mengawasi jalan setiap saat.

Sistem Toyota Audio Multimedia dirancang dan direkayasa oleh tim Connected Technologies Toyota yang berbasis di Texas.(Dok. Toyota)

Teknologi lainnya yang disematkan ialah Advanced Park, yakni mobil dapat diparkir tanpa campur tangan manusia. Sistem dapat mempercepat, mengarahkan, mengerem, dan mengganti persneling. Lebih canggihnya lagi, sistem tersebut telah diatur untuk parkir paralel serta tegak lurus.

Untuk performa yang ditawarkan, Toyota Mirai dibekali sel bahan bakar hidrogen serta motor listrik yang terpasang di belakang yang dapat menghasilkan daya 180 dk, serta akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,2 detik. Dengan motor listrik disertai energi hydrogen, Mirai dapat menempuh jarak 647 km.

Harga yang dibanderol untuk Toyota Mirai XLE (2023) 49.500 dolar AS atau kisaran Rp751 jutaan. Lalu, varian Limited dibanderol 66.000 dolar AS atau sekitar Rp1 miliar.