Mahasiswa El Salvador Mulai Pelajari Bitcoin Lewat Program Pemerintah CUBO+

JAKARTA - Pemerintah El Salvador telah mengumumkan program pendidikan baru bernama "CUBO+" yang bertujuan untuk melahirkan pengembang Bitcoin dan Lightning level elit melalui sistem universitas El Salvador. Program ini akan dimulai pada bulan Mei dan akan terdiri dari kelompok kecil siswa yang dipilih dari universitas terbaik di El Salvador dan berusia di bawah 25 tahun.

Program ini akan didanai secara pribadi dan siswa yang memenuhi syarat akan menerima tunjangan untuk menutupi biaya kursus. Selain itu, siswa yang menyelesaikan program ini akan diberikan beberapa opsi untuk melanjutkan perjalanan Bitcoin, termasuk opsi untuk memulai pekerjaan penuh waktu di perusahaan Bitcoin terkenal.

Program ini akan dipimpin oleh salah satu tokoh terbaik dalam Bitcoin yang akan diumumkan segera. Kelas akan membahas topik-topik dari pengembangan teknis tingkat tinggi khususnya untuk Bitcoin, hingga teknologi terdistribusi seperti Holepunch, Nostr, dan Web5.

Dua bulan pertama program akan diselenggarakan secara online, setelah itu akan ada boot camp selama dua minggu di San Salvador. Bulan-bulan selanjutnya akan mencakup mentorship online langsung dengan beberapa nama besar di Bitcoin.

Namun, hal-hal belum berjalan dengan mudah bagi Presiden Nayib Bukele dan pendukungnya yang menganjurkan penggunaan Bitcoin. Sejak pemerintah mengesahkan Bitcoin sebagai alat tukar resmi pada September 2021, pasar Bitcoin telah mengalami periode ketidakstabilan yang panjang.

Meski begitu, Bukele tidak berencana untuk mengubah obsesinya dengan kripto dan bahkan mencari masa jabatan kedua dalam pemilihan yang akan datang setelah tingkat persetujuan yang relatif tinggi dari rakyat El Salvador.

Program "CUBO+" akan memberikan infrastruktur bagi orang lain untuk memanfaatkan standar open-source untuk Pendidikan Bitcoin tingkat tinggi. Para ahli pendidikan juga turut berkontribusi dalam desain kursus yang bertujuan untuk menetapkan standar bagi negara-negara lain untuk mengikuti.

Opsi lain dari peluang kewirausahaan atau pendidikan juga akan ditawarkan kepada siswa yang menyelesaikan kursus ini di El Salvador. Nama "CUBO+" berasal dari proyek yang Presiden Nayib Bukele mulai saat menjabat sebagai walikota San Salvador, di mana kota akan membangun gedung di tempat yang relatif miskin, dan perkembangan ini berfungsi sebagai perpustakaan dan pusat komunitas untuk lebih banyak pendidikan. Program ini bertujuan untuk menciptakan inspirasi untuk membangun masa depan El Salvador.