Anak-anak Sekolah di El Salvador Sudah Diajarkan tentang Bitcoin Sejak Usia 12 Tahun
Anak-anak umur 12 tahun di El Salvador sudah mulai belajar Bitcoin. (foto: twitter @romanmartinezc)

Bagikan:

JAKARTA -Anak-anak sekolah di El Salvador yang berusia masih 12 tahun sudah diajarkan untuk mengirim Bitcoin pertama mereka melalui program Bitcoin Beach. Komunitas Bitcoin Beach memimpin pendidikan ini dengan tujuan memberikan pengetahuan awal tentang Bitcoin, uang, dan ekonomi kepada anak-anak yang kurang beruntung, sehingga mereka memiliki peluang lebih baik dalam hidupnya.

Roman Martínez, pemimpin komunitas Bitcoin Beach, menjelaskan bahwa program Bitcoin Beach menjalankan program-program di luar jam sekolah untuk membantu anak-anak mengenal Bitcoin. Setiap Jumat, mereka mengunjungi sekolah untuk memberikan pendidikan tentang Bitcoin, uang, dan impian. Mereka mengajarkan cara membuat dompet Bitcoin, membantu anak-anak menerima satoshi pertama mereka, dan melakukan transaksi dengan Bitcoin.

Martínez menjelaskan bahwa meskipun banyak dari para siswa awalnya mengira bahwa Bitcoin sulit dipelajari atau hanya untuk mereka yang belajar ekonomi, mereka dengan cepat mengadopsi teknologi ini begitu mereka bersedia belajar. Menurutnya, Bitcoin Beach menekankan pentingnya mengajarkan siswa tentang Bitcoin, uang, dan perbankan, karena hal-hal ini biasanya tidak diajarkan di sekolah.

Martínez percaya bahwa Bitcoin adalah "evolusi terbaru dari uang," dan dengan mengajarkan anak-anak tentang manfaat Bitcoin bersama dengan keterampilan lainnya, mereka akan memiliki peluang kerja yang lebih baik di masa depan. Dia mengungkapkan bahwa dengan menguasai bahasa Inggris, keterampilan komputer, pengetahuan tentang Bitcoin, dan pemasaran, anak-anak ini bisa bekerja jarak jauh untuk siapa pun di seluruh dunia.

Bitcoin Beach adalah gerakan untuk memastikan potensi Bitcoin direalisasikan dengan membantu mereka yang telah dikecualikan dari sistem perbankan. Ini berbasis di El Zonte, sebuah kota pantai di sekitar satu jam perjalanan mobil dari ibu kota negara, San Salvador, dan merupakan salah satu daerah pertama di negara itu yang mulai menerima Bitcoin.

Sebagian besar program terkait Bitcoin di El Salvador dimulai setelah pemerintah El Salvador membuat Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut pada September 2021. Saat ini, sekitar 70% penduduk El Salvador belum memiliki akses ke sistem perbankan. Inklusi keuangan menjadi fokus utama bagi Presiden Nayib Bukele yang pro-Bitcoin dan saat ini memiliki salah satu tingkat persetujuan presiden tertinggi di dunia.

Selain Bitcoin Beach, organisasi nirlaba lain yang berfokus pada pendidikan Bitcoin di El Salvador adalah My First Bitcoin, yang telah membantu 25.000 siswa memperoleh "Diploma Bitcoin" melalui sistem sekolah negeri.