Menang Oscar, Ke Huy Quan Tetap Khawatir Soal Kariernya

JAKARTA - Ke Huy Quan merayakan kemenangan untuk kategori Best Supporting Actor dalam penghargaan Academy Award. Meski begitu, ia mengaku khawatir akan karier aktingnya untuk ke depan.

Bintang Everything Everywhere All at Once ini merasa khawatir bahwa kesuksesan aktingnya hanya terjadi sekali. Apalagi dunia Hollywood terus berkembang dengan banyaknya nama-nama baru dalam industri ini.

“Semuanya masih segar di ingatan saya. Dan itu mengapa saya merasa takut untuk terus lanjut,” kata Ke Huy Quan kepada Variety.

“Meski saya memenangkan Oscar, saya masih merasa takut apa yang akan terjadi besok. Saya bicara dengan agen saya dan saya berkata “Aku khawatir ini cuma hal satu kali” katanya.

Bukan rahasia baru jika Ke Huy Quan mengaku menghabiskan waktu selama hampir satu dekade untuk mencari peran baru. Sukses di tahun ‘80-an sebagai aktor cilik nyatanya tidak mengantarkan Quan kepada karya selanjutnya.

“Saya sudah melewati jalan ini sebelumnya saya saya takut sejarah akan terulang lagi. Saya berkata ‘Tolong, apapun yang kalian lakukan, pastikan itu tidak terjadi” jelas aktor 51 tahun itu.

Ke Huy Quan juga berbincang dengan sesama aktor. Ia ingat ketika berdiskusi dengan Cate Blanchett dalam sebuah acara dan sang aktris memberinya pesan.

“Ikuti hatimu dan bertanggung jawab: Tidak usah khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan. Pilih sesuatu yang Anda percaya, sesuatu yang Anda cintai, dan semuanya akan berjalan baik,” kata Ke Huy Quan meniru pesan Cate Blanchett.

Ke Huy Quan memenangkan Best Supporting Actor di Oscar 2023 untuk penampilannya dalam film Everything Everywhere All at Once. Melalui pidatonya, ia berterima kasih karena merasakan mimpi Amerika yang didambakan banyak orang.

“Terima kasih. Terima kasih. Ibu saya 84 tahun dan dia menonton di rumah. Ibu, saya menang Oscar! Perjalanan saya dimulai dari sebuah kapal. Saya menghabiskan waktu setahun di kamp pengungsi dan saya berakhir di panggung terbesar Hollywood,” kata Ke Huy Quan pada pidato Oscar-nya akhir pekan lalu.

“Mereka bilang cerita seperti ini hanya terjadi dalam film. Saya tidak percaya ini terjadi kepada saya. Ini mimpi Amerika. Terima kasih banyak,” lanjutnya.